Sosialisasi dan Uji Coba e-Bansos SIDOMPU

Sosialisasi dan Uji Coba e-Bansos SIDOMPU


Dalam upaya implementasi dan aktualisasi e-Bansos SIDOMPU, maka DINSOSP3AKB Kabupaten Sanggau melalui Bidang Pemberdayaan Sosial dan Fakir Miskin, melaksanakan sosialisasi dan uji coba aplikasi e-Bansos SIDOMPU yang merupakan juga aksi perubahan dari Kepala Bidang PSFM (Valentinus Sudarto, S.Sos, M.Si) dalam keikutsertaannya pada PKA Angkatan I LAN RI yang dilaksanakan oleh Puslatbang KDOD Samarinda, Kalimantan Timur.

e-Bansos SIDOMPU rencananya akan dilaksanakan secara menyeluruh pada 163 desa dan 6 kelurahan pada Januari 2023, oleh karena itu langkah pertama yang harus dilakukan adalah sosialisasi dan ujicoba. untuk untuk lokasinya ditentukan pada Desa Sei Mawang dan Kelurahan Sungai Sengkuang Kecamatan Kapuas.

Pelaksanaan Ujicoba aksi perubahan e-Bansos SIDOMPU di Desa Sungai Mawang Kecamatan Kapuas

dilaksanakan pada hari Jumat, 29 Juli 2022 pukul 09-00 Wib – selesai bertempat di Gedung Pertemuan Desa Sei Mawang. Kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dengan sosialisasi e-Bansos SIDOMPU yang dihadiri langsung oleh Kepala Desa, Perangkat Desa, Ketua dan Anggota BPD, Kepala Wilayah (Kepala Dusun), dan Ketua RT. Sedangkan Pelaksanaan Ujicoba di Kelurahan Sungai Sengkuang dilaksanakan pada hari Rabu, 3 Agustus 2022 bertempat di Kantor Lurah Sungai Sengkuang dan dihadiri oleh Lurah, Perangkat Kelurahan dan Ketua RT.

Dalam kegiatan sosialisasi dan uji coba ini, disampaikan bahwa e-Bansos SIDOMPU merupakan pengembangan dari Aplikasi SIDOMPU yang telah dilaksanakan sejak tahun 2019. Inovasi ini dibangun dengan tujuan utama agar pengelolaan bantuan sosial dapat terlaksanakan dengan efektif dan efisien serta tepat sasaran dan agar pelaksanaan bantuan sosial tidak lagi manual namun sudah didukung dengan tranformasional digital atau memanfaatkan teknologi informasi. (Penulis)