Categories: Antaranews

PLN Sanggau yakin bisa mendorong pertumbuhan sektor bisnis – Industri


Pontianak (ANTARA) – Kualitas listrik yang andal merupakan salah satu faktor utama tumbuh kembangnya sektor usaha, bisnis dan industri yang ada di Kabupaten Sanggau dan sekitarnya. Hal tersebut diungkap Manager PLN UP3 Sanggau, Muhammad Isra, di ruang kerjanya pada Senin, tanggal 15 Agustus 2022.

Diakuinya, sejak sistem kelistrikan Sanggau masuk dalam sistem kelistrikan interkoneksi Khatulistiwa, kualitas pasokan listrik semakin andal dan kondusif.

Baca juga: PLN UP3 Sanggau tingkatkan kualitas layanan listrik
Baca juga: Tingkatkan Pemahaman Masyarakat Terhadap Masalah Kelistrikan, PLN UP3 Sanggau Gelar Sosialisasi
Baca juga: PLN Kalbar gandeng Pramuka tanam pohon produktif 2 hektare di Sanggau

“Saat ini, kebutuhan listrik masyarakat di Kabupaten Sanggau, Sekadau, dan Sintang dipasok dari sistem kelistrikan Khatulistiwa, dimana daya mampu pembangkit berkisar antara 30.000 kW hingga 60.000 kW. Ini jauh dari rata-rata beban puncak dimasing-masing daerah tersebut,” ungkap Isra.
 

Layanan listrik yang andal menumbuh kembangkan sektor usaha, bisnis dan industri yang ada di Kabupaten Sanggau (ANTARA/Ho)

Untuk sistem kelistrikan Sanggau, saat ini dapat disuplay dari Gardu Induk (GI) Tayan, GI Ngabang, dan GI Sanggau, dengan rata-rata daya mampu pembangkit sebesar 30.000 kW. Berdasarkan data per tanggal 11 Agustus 2022, pukul 18.00 WIB, beban puncak kebutuhan listrik tertinggi masyarakat di Kota Sanggau dan sekitarnya sebesar 21.050 kW.

Baca juga: Warga Sanggau beralih gunakan kompor listrik
Baca juga: PLN UP3 Sanggau dorong warga gunakan listrik secara produktif
Baca juga: YBM PLN UP3 Sanggau salurkan santunan untuk anak yatim dan dhuafa

“Dengan dipasok dari 3 gardu induk besar, yakni GI Tayan, GI Ngabang, dan GI Sanggau sendiri, kami yakin dapat menyediakan listrik yang andal, sehingga mampu memenuhi kebutuhan listrik masyarakat serta mampu mendorong pertumbuhan usaha di sektor bisnis dan industri,” ucap Isra optimis.
 

Layanan listrik yang andal menumbuh kembangkan sektor usaha, bisnis dan industri yang ada di Kabupaten Sanggau (ANTARA/Ho)

Ia juga mengatakan, kondisi serupa juga berlaku di Kabupaten Sekadau dan Sintang. Dikatakan Isra, GI Sekadau memiliki daya mampu pembangkit sebesar 30.000 kW, dengan beban puncak sebesar 8.902 kW, sedangkan GI Sintang memiliki daya mampu pembangkit sebesar 60.000 kW, sementara beban puncaknya sebesar 24.656 kW.

Baca juga: PLN kembali nyalakan listrik delapan desa di Sanggau
Baca juga: PLN Kalbar tambah daya mampu mesin pembangkit listrik
Baca juga: Sutarmidji apresiasi kinerja PLN, ribuan warga tak lagi gunakan genset

Dampak positif kondisi listrik yang stabil di  Sanggau dirasakan oleh Ican (32), Pemilik salah satu bengkel las listrik di Jalan Agus Salim, Sanggau. Dirinya mengaku, listrik di Kota Sanggau jarang sekali padam. Kalaupun padam biasanya hanya sebentar.   

“Listrik adalah faktor utama penggerak usaha yang kami jalankan. Dengan kondisi listrik yang stabil dan tidak padam tentunya usaha yang kami jalankan pun akan semakin maju dan berkembang,” tutur Ican.
 

Layanan listrik yang andal menumbuh kembangkan sektor usaha, bisnis dan industri yang ada di Kabupaten Sanggau (ANTARA/Ho)

Baca juga: Lapor gangguan listrik kini lebih mudah lewat aplikasi PLN Mobile
Baca juga: Warga Meliau Antusias ikuti kegiatan sosialisasi kelistrikan
Baca juga: PLN Sanggau sosialisasi listrik untuk tingkatkan kepedulian masyarakat

Hal senada juga diungkap Herman (42), Pemilik sebuah Cafe di Jalan Ahmad Yani, Sanggau.

Ia menyebutkan, respon Petugas PLN juga cepat saat dirinya melaporkan gangguan listrik via Aplikasi PLN Mobile.

“Respon Petugas PLN yang dengan sigap dan cepat dalam melayani sangat membantu kami dalam menjalankan usaha. Terima kasih kami ucapkan kepada PLN, atas dukungannya kepada kami, para pelaku usaha di Sanggau ini. Semoga PLN dapat terus meningkatkan kualitas pelayanannya kepada masyarakat,” pungkas Herman.

Baca juga: Pasokan listrik kondusif bantu UMKM Sanggau tumbuh berkembang
Baca juga: PLN nyalakan listrik di Kelurahan Sanggau Kulor Singkawang Timur
Baca juga: PLN UP3 Sanggau amankan pasokan listrik jelang Natal dan Tahun Baru




Bagikan

Berita Terbaru

  • Radar Kalbar

Tim Satresnarkoba Polres Kubu Raya Tangkap Kurir Lintas Kabupaten, 2 Orang dari Sanggau, Seorang dari Pontianak – Radar Kalbar

FOTO : ketiga tersangka yang ditangkap Tim Opsnal Satresnarkoba Polres Kubu Raya [ist]KUBU RAYA – radarkalbar.comTIM Satuan Reserse Narkoba Polres Kubu Raya berhasil menangkap kurir narkoba antar kabupaten pada Kamis (28/3/2024) sekitar pukul 04.00 WIB.Dua…

15 jam lalu
  • Diskominfo

PJ Bupati Sanggau Hadiri Operasi Pasar di Kecamatan Mukok

//DISKOMINFO – SANGGAU// SANGGAU – Penjabat (Pj) Bupati Sanggau Suherman, S.H., M.H  melaksanakan operasi pasar dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M di Halaman Kantor Kecamatan Mukok. Kamis (28/03/2024). Sebagai upaya Pemerintah…

20 jam lalu
  • Diskominfo

Pj Bupati Sanggau Menghadiri Operasi Pasar di Kecamatan Mokuk

SANGGAU – Penjabat (Pj) Bupati Sanggau Suherman, S.H., M.H  melaksanakan operasi pasar dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M di Halaman Kantor Kecamatan Mukok, Rabu (28/03/2024). Sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Sanggau melalui…

20 jam lalu
  • Radar Kalbar

Kejari Sanggau dan Tim Pidsus BPA Kejagung Sita Aset Terdakwa Tindak Pidana Perpajakan – Radar Kalbar

FOTO : Tim Kejari Sanggau dan Tim Pidsus BPA Kejagung saat mengeksekusi aset terdakwa JP pada beberapa lokasi (dok Kejari Sanggau)SANGGAU – radarkalbar.comKEJAKSAAN Negeri (Kejari) Sanggau melaksanakan eksekusi atas putusan Pengadilan Negeri (PN) Sanggau terhadap…

1 hari lalu