DISKOMINFO

Wakil Bupati Sanggau Resmi Membuka Gawai Serumpun Tampun Juah


//Diskominfo Sanggau//

Sanggau, Wakil Bupati Sanggau, Drs. Yohanes Ontot, M.Si secara resmi membuka Gawai Serumpun Tampun Juah yang dilanjutkan dengan Ngudua Tampun Juah, Jum’at 12 Agustus 2022.

Dalam sambutannya, Yohanes Ontot berpesan kepada masyarakat adat untuk tetap menjaga 3 pilar yang harus dipertahankan.

“Kita menjadi orang dayak ini harus bisa mempertahankan 3 hal, yang pertama berdaulat di bidang pemerintahan. Suka tidak suka ini harus. Untuk itu mulai dari sekarang kita harus bisa mempersiapkan pemuda dayak ini untuk bisa bersaing di dunia pemerintahan dan politik,” ujarnya.

Kemudian belai berpesan tanah adat yang ada harus dijaga, karena itu merupakan sumber ekonomi bagi masyarakat.

“Kemudian yang kedua berdaulat di bidang ekonomi. Hak adat yang kita miliki harus bisa kita pertahankan. Salah satunya tanah adat itu harus kita jaga, dari situlah masyarakat dayak ini bisa meningkatkan ekonomi. Dengan jumlah yang ada ini, sisanya harus bisa kita pertahankan, karena pengelolaan nya ini sudah sangat luar biasa,” Pesannya.

Menutup sambutannya, Beliau meminta masyarakat Dayak untuk mengenal jati dirinya, sehinga bisa menghargai adat istiadatb budaya Dayak.

“Terakhir berdaulat di bidang adat itu sendiri. Masyarakat harus tau jati dirinya, jangan sampai dia lupa asal muasalnya sendiri, itu bahaya. Harapannya diri kita sendiri bisa menghargai adat istiadat dan budaya yang ada,” ujarnya.

Kemudian selanjutnya, Beliau menjadi Narasumber dalam Ngudua Tampun Juah dengan Tema “Bangkit dan Pulih”. Dalam pembahasan musyawarah tersebut m,embahas tentang hak-hak masyarakat adat Dayak dan pemerintah akan bersinergi untuk berkomitmen membangun rumah budaya atau rumah betang.