Categories: Diskominfo

Sekda Sanggau: Pengibaran Bendera Itu Juga Merupakan Wujud Penghormatan Rakyat Indonesia


//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU – Tak sampai sepekan lagi, Negara Republik Indonesia merayakan hari kemerdekaan yang tepatnya pada tanggal 17 Agustus mendatang. Maka dari itu, Pemerintah Kabupaten Sanggau mengimbau masyarakatnya untuk mengibarkan bendera Merah Putih di halaman rumah dan halaman kantor masing-masing untuk menyemarakkan hari kemerdekaan yang ke-77 tahun ini.

Sekretaris Darah Kabupaten Sanggau, Kukuh Triyatmaka menuturkan bahwa, pengibaran Bendera Merah Putih tak hanya soal simbol kemerdekaan yang formalitas saja. Ia menambahkan, pengibaran bendera itu juga merupakan wujud penghormatan rakyat Indonesia kepada para pahlawan yang telah gugur dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia 77 tahun yang lalu.

“Ini simbol kemerdekaan Republik Indonesia. Kalau tidak ada kemerdekaan, kita bukan siapa-siapa, sebatas manusia biasa. Bapak-bapak disini belum tentu jadi Lurah atau Kepala Desa, sama seperti saya, juga belum tentu jadi Sekda,” ungkapnya saat menghadiri seremonial Gerakan Pembagian 10 juta Bendera Merah Putih di Ruang Musyawarah lantai 1 Kantor Bupati sanggau, (12/8/2022).

Pada kegiatan ini, Pemerintah Kabupaten Sanggau membagikan ratusan lembar Bendera Merah Putih kepada masyarakat yang belum memiliki bendera, melalui Camat, Lurah, dan Kades.

Sekda Kukuh juga menyampaikan, pemasangan bendera Merah Putih ini benar-benar dilakukan dari hati. Menurutnya, stakeholder terkait harus gencar mensosialisasikan hal ini kepada masyarakat.

“Ini tugas kita (Pemerintah kabupaten Sanggau) untuk mengedukasi masyarakat soal kebangsaan,” ujar Kukuh.

Pejabat tinggi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Sanggau ini juga mengingatkan para Camat, Lurah dan Kades se Kabupaten Sanggau segera mendistribusikan Bendera Merah Putih kepada masyarakat yang belum mengibarkan bendera.

“Kepala wilayah pasti sudah tau mana masyarakatnya yang belum punya bendera. kalau yang mampu beli, tidak mungkin tidak pasang di halaman rumahnya. Karena sudah difasilitasi bendera, artinya tidak ada yang tidak mengibarkan,” tegasnya.

Kukuh Triyatmaka menyampaikan, meneruskan perjuangan para pejuang saat ini bukan lagi dengan perang senjata.

“Perjuangan kita saat ini adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia kita masing-masing. Kita harus mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi yang semakin maju,” pesannya.


Bagikan

Berita Terbaru

  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Gunung Semeru Meletus pada Hari Raya Lebaran Ketiga hingga Telan Korban Jiwa -17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan video berdurasi 4 menit 56 detik di platform YouTube yang mengeklaim bahwa pada hari raya Lebaran ketiga Gunung Semeru yang berlokasi di Provinsi Jawa Timur meletus hingga menelan korban jiwa.…

14 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Sebuah Terowongan Bawah Laut Mengalami Kebocoran – 17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah video di media sosial TikTok yang memperlihatkan adanya kebocoran air yang cukup deras di sebuah dinding terowongan yang diduga adalah terowongan bawah laut. Dalam unggahan video tersebut juga terdengar suara teriakan…

14 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Pengambilan Bansos THR dengan KTP di ATM – 17/04/2024

Penjelasan : Beredar unggahan di media sosial Twitter/X sebuah video memperlihatkan seseorang mengambil uang dari mesin anjungan tunai mandiri (ATM) menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dilengkapi narasi narasi yang mengeklaim bahwa pengambilan dana bantuan sosial…

15 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Tentara Merah Cina Berdatangan Setiap Jam ke Indonesia Mulai 1 April 2024 – 17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan video di media sosial Facebook yang mengeklaim ratusan Tentara Merah Cina memasuki Indonesia setiap jam secara bertahap melalui suatu bandara. Unggahan video tersebut dilengkapi dengan narasi "1 April 2024 tentara-tentara…

15 jam lalu