BAPPEDA SANGGAU IKUT SERTA LOKAKARYA SAKIP DI PONTIANAK

BAPPEDA SANGGAU IKUT SERTA LOKAKARYA SAKIP DI PONTIANAK


Menindaklanjuti Surat Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat Nomor 065/3465/RO-ORG Tanggal 7 Juli 2022 Hal Undangan, sebagai tindaklanjut surat USAID ERAT Tanggal 4 Juli 2022 undangan Lokakarya Sakip dalam rangka penguatan peran Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dalam pembinaan dan pengawasan Sakip bagi Kabuapten/Kota di Provinsi Kalimantan Barat. Program USAID ERAT adalah program kerjasama Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Amerika, tujuan dari program USAID ERAT adalah agar warga Indonesia dapat menerima manfaat dari pemerintahan daerah yang efektif melalui peningkatan kualitas pelaksanaan kebijakan dan pelayanan publik di daerah. Tujuan tersebut dapat dicapai melalui 3 (tiga) hasil yaitu keselarasan kebijakan nasional dan daerah yang lebih baik, peningkatan kinerja pelayanan publik dan alokasi serta penggunaan anggaran yang lebih baik.

Salah satu strategi USAID ERAT untuk mencapai tujuan dan hasil tersebut adalah dengan mendorong peran Pemerintah Provinsi dalam pengawasan dan pembinaan terhadap Kabupaten/Kota terkait penerapan sistem akuntabiltias kinerja instansi pemerintah. Provinsi memiliki peran yang strategis untuk membina dan mendampingi kabupaten untuk meningkatkan capaian sakip melalui peningkatan pemahaman, evaluasi pelaksanaan rekomendasi dan mengawal pelaksanaan rencana tindaklanjut.

Tujuan lokakarya yaitu pertama mengidentifikasi capaian Sakip dan masalah yang dihadapi Kabupaten/Kota dalam peningkatan capaian Sakip. Kedua, mengidentifikasi tantangan pelaksanaan rekomendasi Kemenpan RB untuk peningkatan capaian Sakip di Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Barat. Ketiga, merumuskan rencana tindaklanjut percepatan peningkatan capaian Sakip di Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Barat dan keempat, merumuskan peran konkrit Pemerintah Provinsi dalam pembinaan dan pengawasan peningkatan capaian Sakip di Kabupaten sasaran USAID ERAT termasuk pola binwas pada kabupaten pilot. Lokakarya dilaksanakan hari Kamis dan Jumat Tanggal 21–22 Juli 2022 bertempat di Hotel Mercure Pontianak dengan peserta sebanyak 52 (lima puluh dua) orang diantaranya meliputi Bappeda, Inspektorat dan Bagian Organisasi Sekalimantan Barat. Dalam hal ini bertindak sebagai narasumber adalah Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, Dan Pengawasan Kementerian Pan RB, Kepala Biro Setda Provinsi Kalimantan Barat, Kepala Bappeda Provinsi Kalimantan Barat, Kepala Bagian Organisasi Setda Kota Pontianak dan Tim USAID ERAT.