Tak Mau Kecolongan, Pemkab Sanggau Masih Anggarkan Pencegahan Kasus Covid-19 – Kalimantan Today


Vaksinasi/ilustrasi

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Meski Kabupaten Sanggau nol kasus Covid-19, Pemerintah Kabupaten Sanggau tak mau kecolongan. Pemda tetap menggarkan pencegahan Covid-19 sebagai langkah antisipasi.

“Berdasarkan Permendagri masih wajib kita anggarkan, meskipun kita sudah zero case. Kita juga tidak mau kecolongan,” kata Sektaris daerah Sanggau, Kukuh Triyatmaka kepada wartawan, Rabu (10/08/2022).

Meski tak menyebut besaran anggaran, namun Kukuh memastikan anggaran terbesar berada di Dinas Kesehatan.

“Terutama di Dinas Kesehatan itu, tapi sifatnya untuk pencegahan. Termasuklah sosialisasi. Dinas Kesehatanlah yang tahu detailnya,” ujar dia.

Kukuh menerangkan, tahun anggaran 2022, anggaran Covid-19 difokuskan pada upaya pencegahan, bukan lagi penanganan langsung.

“Saat ini, belanja-belanja yang sifatnya seperti beli alat regen dan lain sebagainya yang digunakan untuk penanganan langsung karena ada kasus, memang sudah digeser untuk pencegahan. Di perubahan nanti kita bahas tapi akan kita kembalikan ke Dinas Kesehatan lagi, karena yang namanya kesehatan itukan lebih banyak melindungi-kan, itu yang nanti kita maksimalkan,” pungkasnya. (Ram)