Categories: Kalimantan Today

Angka Stunting di Sanggau Capai 26 Persen, PH Minta Semua Bergerak, Dinkes Fokus 38 Desa – Kalimantan Today


Foto—Bupati Sanggau, Paolus Hadi, Wakil Ketua DPRD Sanggau, Acam, Sekda Sanggau, Ketua TP PKK dan Kasi Intel Kejari Sanggau berfoto bersama peserta rembuk stunting yang digelar di Hotel Garden Palace, Senin (08/08/2022)—Kiram Akbar

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Angka stunting di Kabupaten Sanggau masih cukup tinggi, 26 persen. Bupati Sanggau, Paolus Hadi, meminta semua unsur bergerak untuk menekannya. Tahun ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) fokus ke 38 desa.

“Untuk menurunkan stunting tidak bisa kerja sendiri-sendiri. Makanya tema hari ini juga bergerak bersama untuk menurunkan stunting. Poin-poin penting ini pasti melibatkan banyak pihak: pemerintah daerah, termasuk di dalamnya DPRD, karena berkaitan dengan anggaran,” kata PH, sapaan akrab Paolus Hadi ditemui wartawan usai acara Rembuk Stunting Kabuapten Sanggau 2022, Senin (08/08/2022).

“Juga pihak Forkompimda dan seluruh jajarannya. Kemudian Pemdes, perusahaan-perusahaan, perbankan, dan tokoh-tokoh masyarakat kita melalui lembaga-lembaga adatnya, organisasi pemudanya, perempuan dan lainnya. Ini satu kesatuan,” tambahnya.

Termasuk, kata PH, para orangtua dan remaja yang menjadi calon-calon pengantin. Merekalah yang menentukan keturunannya, stunting atau tidak.

“Untuk itu perlu sosialisasi, edukasi, bahkan action dan supporting dari kita. Karena kalau bicara stunting itu kan bukan hanya soal gizi. Orang yang berduit pun tiba-tiba kaget kalau anaknya stunting. Kadang-kadang juga ada faktor lain, kebersihan, sanitasi, atau anak-anak tak mau makan dibiarkan orangtua,” bebernya.

Orang nomor satu di Kabupaten Sanggau itu pun meminta tim yang terdiri dari berbagai stake holder untuk menurunkan angka stunting tahun ini menjadi 22 persen.

“Tadi sudah disepakati, sebagian yang hadir ini sebagaian besar dari tim. Dan unsur-unsur besarnya adalah tambahan-tambahan, misalnya perusahaan. Penekanannya seperti itu, ayo turunkan stunting. Kalau kita mau tahun 2024 angka stunting jadi 14 persen,” ungkap Bupati dua periode itu.

Selaku leading sector penurunan angka stunting, Dinkes Sanggau optimis angka stunting dapat turun menjadi 22 persen. Rembuk Stunting kata Kepala Dinkes Sanggau, Ginting adalah salah satu langkahnya.

“Rembuk Stunting ini langkah ketiga sebetulnya dari delapan langkah konvergensi stunting. Jadi percepatan penurunan stunting itu harus teritegrasi. Khusus untuk bidang kesehatan, tentu kita melihat mulai dari status gizi anak remaja, terkait pemberian tablet penambahan darahnya, status gizi ibu hamil, ibu melahirkan, kemudian pemberian ASI ekslusif terhadap bayi baru lahir,” kata Ginting.

Tak kalah pentingnya juga, kata Ginting, adalah kunjungan Posyandu. Melalui kunjungan Posyandu inilah dapat mendeteksi lebih awal, status gizi dari bayi.

“Di samping itu juga kita lengkapi alat-alat yang ada, seperti atropometri, kita lengkapi dan kita perbanyak. Target kita setiap desa ada satu alat. Karena bagaimanapun juga keakuratan pengukuran tinggi dan berat badan bayi akan menentukan hasil itu,” sebutnya.

Tahun ini, Ginting mengaku fokus pada 38 desa dari 163 desa dan 6 kelurahan se-Kabupaten Sanggau.

“Kita cari yang terendah. Tahun ini kita punya 38 desa. Berikutnya lagi ada yang namanya tim review, kita akan turun lagi ke lapangan, me-review dan menilai. Sebetulnya semua desa kita intervensi, tapi yang jadi fokus perhatian kita 38 desa dari 15 kecamatan,” terangnya. (Ram)


Bagikan

Berita Terbaru

  • Radar Kalbar

Tim Satresnarkoba Polres Kubu Raya Tangkap Kurir Lintas Kabupaten, 2 Orang dari Sanggau, Seorang dari Pontianak – Radar Kalbar

FOTO : ketiga tersangka yang ditangkap Tim Opsnal Satresnarkoba Polres Kubu Raya [ist]KUBU RAYA – radarkalbar.comTIM Satuan Reserse Narkoba Polres Kubu Raya berhasil menangkap kurir narkoba antar kabupaten pada Kamis (28/3/2024) sekitar pukul 04.00 WIB.Dua…

17 jam lalu
  • Diskominfo

PJ Bupati Sanggau Hadiri Operasi Pasar di Kecamatan Mukok

//DISKOMINFO – SANGGAU// SANGGAU – Penjabat (Pj) Bupati Sanggau Suherman, S.H., M.H  melaksanakan operasi pasar dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M di Halaman Kantor Kecamatan Mukok. Kamis (28/03/2024). Sebagai upaya Pemerintah…

22 jam lalu
  • Diskominfo

Pj Bupati Sanggau Menghadiri Operasi Pasar di Kecamatan Mokuk

SANGGAU – Penjabat (Pj) Bupati Sanggau Suherman, S.H., M.H  melaksanakan operasi pasar dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M di Halaman Kantor Kecamatan Mukok, Rabu (28/03/2024). Sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Sanggau melalui…

22 jam lalu
  • Radar Kalbar

Kejari Sanggau dan Tim Pidsus BPA Kejagung Sita Aset Terdakwa Tindak Pidana Perpajakan – Radar Kalbar

FOTO : Tim Kejari Sanggau dan Tim Pidsus BPA Kejagung saat mengeksekusi aset terdakwa JP pada beberapa lokasi (dok Kejari Sanggau)SANGGAU – radarkalbar.comKEJAKSAAN Negeri (Kejari) Sanggau melaksanakan eksekusi atas putusan Pengadilan Negeri (PN) Sanggau terhadap…

1 hari lalu