Categories: RUAITV

Uskup Terpilih Sanggau Valentinus Ditahbiskan November 2022


SANGGAU, RUAI.TV – Uskup Terpilih Sanggau Valentinus Saeng akan menjalani proses pentahbisan dalam waktu dekat, di Gereja Katedral Hati Kudus Yesus Sanggau.

Vikaris Jenderal (Vikjen) Keuskupan Sanggau, Pastor Richardus Riadi, mengatakan, rencana pentahbisan Uskup Terpilih Sanggau akan berlangsung pada November 2022. Namun, dia belum memastikan kapan tanggalnya.

“Pentahbisan Uskup Sanggau yang baru rencananya pada November 2022. Saat ini sedang membentuk panitia pentahbisan,” kata Pastor Richardus Riadi, Rabu (27/07/2022).

Pemimpin Umat Katolik Sedunia, Paus Fransiskus di Tahta Suci Vatican, telah menunjuk Pastor Valentinus Saeng CP, sebagai pengganti Uskup Sanggau Mgr Guilio Mencuccini CP yang memasuki masa pensiun.

Uskup Mencuccini mengumumkan nama penggantinya itu pada Sabtu, 18 Juni 2022 lalu di Katedral Hati Kudus Yesus Sanggau. Setelah penunjukan ini, Mgr Guilio Menccucini CP akan menjadi Uskup Emeritus.

Pastor Richardus Riadi mengatakan, pentahbisan Valentinus Saeng CP sebagai Uskup Sanggau, akan dilakukan oleh Duta Besar Vatican untuk Indonesia. Saat ini, Duta Besar Vatican untuk Indonesia dijabat oleh Uskup Agung Mgr Peiero Pioppo.

Valentinus Saeng adalah Pastor Katolik dari Kongregasi Pasionis. Dia telah berada di Keuskupan Sanggau pada Rabu (27/07/2022) dengan penyambutan meriah oleh umat Katolik setempat.

Uskup Valentinus berangkat dari Jakarta pagi hari, dan menerima penyambutan dengan tari-tarian etnik Dayak di Bandara Internasional Supadio Pontianak. Kemudian rombongan melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Sanggau.

Acara penyambutan berlangsung kembali di Kompleks Keuskupan Sanggau, Jl Jenderal Sudirman. Selain tari-tarian Dayak, juga dengan ritual “pancong buluh muda”, sebagaimana lazimnya penyambutan tokoh besar.

Keuskupan Sanggau mencakup wilayah dua kabupaten, yakni Sanggau dan Sekadau. Saat penyambutan itu, bupati kedua kabupaten hadir. Yakni Paolus Hadi, Bupati Sanggau, dan Aron, Bupati Sekadau.

Biodata Uskup Valentinus Saeng

Valentinus Saeng lahir di Desa Keramuk, Kabupaten Sekadau, Provinsi Kalimantan pada 28 Oktober 1969. Dia meraih gelar master filsafat di Universitas Santo Thomas Aquino, Angelicum, Roma pada 2005.

Kemudian belajar bahasa Jerman di Maximilian Universität, München, Jerman. Serta meraih gelar doktor filsafat pada 2008 di Universitas Santo Thomas Aquino, Angelicum, Roma.

Pastor Valen, begitu sapaan akrabnya, mengajar di Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi Widya Sasana Malang, Jawa Timur. Lima bahasa asing dia kuasai, yakni yakni Inggris, Italia, Jerman, Perancis, dan Latin. (RED)

Artikel Uskup Terpilih Sanggau Valentinus Ditahbiskan November 2022 pertama kali tampil pada RUAI.TV.


Bagikan

Berita Terbaru

  • Radar Kalbar

Kejari Sanggau dan Tim Pidsus BPA Kejagung Sita Aset Terdakwa Tindak Pidana Perpajakan – Radar Kalbar

FOTO : Tim Kejari Sanggau dan Tim Pidsus BPA Kejagung saat mengeksekusi aset terdakwa JP pada beberapa lokasi (dok Kejari Sanggau)SANGGAU – radarkalbar.comKEJAKSAAN Negeri (Kejari) Sanggau melaksanakan eksekusi atas putusan Pengadilan Negeri (PN) Sanggau terhadap…

5 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Direktur Utama PDAM Lombok Tengah, Bambang Supratomo – 26/03/2024

Penjelasan : Beredar akun WhatsApp yang mengatasnamakan Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Ardhia Rinjani (Tiara) Lombok Tengah, Bambang Supratomo. Akun tersebut mengirimi pesan menawarkan untuk mengikuti program acara bonus-bonusan kendaraan mobil…

8 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] CNN: Mahkamah Konstitusi Tolak Gugatan Soal Pernikahan Beda Dimensi – 26/03/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan video di sosial media TikTok yang menunjukkan tangkapan layar berita CNN Indonesia yang memberitakan bahwa Mahkamah Konstitusi (MK) tolak gugatan soal pernikahan beda dimensi. Terlihat dalam tangkapan layar tersebut Anwar…

8 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] NASA Berencana Semprotkan Partikel Es ke Atmosfer untuk Kurangi Dampak Perubahan Iklim – 26/03/2024

Penjelasan : Beredar unggahan di media sosial Facebook yang mengeklaim bahwa The National Aeronautics and Space Administration (NASA) atau yang dikenal sebagai Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat akan menyemprotkan 2 ton partikel es di…

8 jam lalu