Uskup Sanggau Valentinus

Uskup Terpilih Sanggau Valentinus Berangkat dari Jakarta


SANGGAU, RUAI.TV – Umat Katolik di Keuskupan Sanggau segera akan berjumpa dengan Uskup Terpilih Valentinus Saeng, Rabu (27/07/2022) sore sekitar pukul 17.00 WIB. Valentinus Saeng sendiri telah terbang dari Jakarta menuju Pontianak sekitar pukul 07.30 WIB.

Dia berangkat dari Pronvincialat Kongregasi Pasionis di kawasan Jakarta Barat. Sementara di Bandara Internasional Supadio Pontianak, penyambutan telah pula siap. Dengan atraksi tari-tarian untuk mengiringi kedatangannya.

Informasi yang redaksi ruai.tv terima, sejumlah tokoh Katolik Kalimantan Barat ikut menyambut di Bandara Supadio. Di antaranya, Uskup Agung Emeritus Keuskupan Agung Pontianak, Mgr Hieronymus Bumbun, OFC Cap.

Baca juga: Uskup Baru Segera Tiba di Sanggau, Umat Bersiap Menyambut

Vikaris Jenderal (Vikjen) Keuskupan Sanggau, Pastor Richardus Riadi bersama rombongan, juga ikut menjemput ke Bandara Supadio. Dalam penerbangan dari Jakarta, Valentinus Saeng bersama Privincial Kongregasi Pasionis, Pastor Nikodemus Jimbun, CP.

Dari Kota Pontianak, rombongan ini akan melanjutkan perjalanan menuju Kompleks Keuskupan Sanggau, Jl Jenderal Sudirman. Rangkaian acara penyambutan juga telah siap, termasuk ritual adat Dayak berupa “pancong buloh muda”, suatu tradisi lazim menyambut tokoh besar.

Uskup Sanggau Valentinus

Valentinus Saeng merupakan Pastor Katolik dari Kongregasi Pasionis (CP). Paus Fransiskus menunjuk dia sebagai uskup baru, menggantikan Uskup Sanggau Mgr Guilio Mencuccini, CP yang sudah memasuki masa purna tugas.

Baca juga: Dirjen Bimas Katolik Bekukan 2 Sekolah di Kalbar, Legislator Bereaksi Keras

Dalam tradisi Katolik Roma, seorang Uskup menerima penunjukan langsung dari Tahta Suci Vatican. Berikutnya, Uskup Terpilih akan menjalani Tahbisan Uskup sehingga resmilah dia memimpin umat di sebuah keuskupan.

Keuskupan Sanggau mencakup umat Katolik yang berada di wilayah dua kabupaten, yakni Sanggau dan Sekadau.

Penunjukan oleh Paus Fransiskus kepada Valentinus Saeng CP sebagai Uskup Sanggau, terjadi pada Sabtu, 18 Juni 2022. Waktu itu, Uskup Sanggau Guilio Mencuccini CP, membacakan surat dari Tahta Suci Vatican, mengenai siapa nama penggantinya.

Baca juga: Uskup Sanggau yang Baru Kuasai 5 Bahasa Asing

Dengan adanya pengganti ini, maka Mencuccini CP segera menjadi Uskup Emeritus. Valentinus Saeng (52) lahir di Desa Keramuk, Kabupaten Sekadau, Provinsi Kalimantan pada 28 Oktober 1969.

Dia meraih gelar master filsafat di Universitas Santo Thomas Aquino, Angelicum, Roma pada 2005. Kemudian belajar bahasa Jerman di Maximilian Universität, München, Jerman. Serta meraih gelar doktor filsafat pada 2008 di Universitas Santo Thomas Aquino, Angelicum, Roma.

Pastor Valen, begitu sapaan akrabnya, mengajar di Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi Widya Sasana Malang, Jawa Timur. Dia terkenal dengan kesukaannya melakukan berbagai riset, terutama terkait filsafat sosial. (SVE)

Artikel Uskup Terpilih Sanggau Valentinus Berangkat dari Jakarta pertama kali tampil pada RUAI.TV.