Pemkab Sanggau Perkuat Mitigasi Kebencanaan di Titik Rawan – Kalimantan Today

Pemkab Sanggau Perkuat Mitigasi Kebencanaan di Titik Rawan – Kalimantan Today


Foto—Yohanes Ontot

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Pemerintah Kabupaten Sanggau terus mengupayakan mitigasi kebencanaan bisa disosialisasikan secara massif kepada seluruh masyarakat, terutama di titik-titik rawan bencana.

“Selain simbol-simbol yang kita pasang di daerah rawan bencana, sosialisasi juga menjadi upaya kita untuk menangani bencana,” ujar Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot, Jumat (22/07/2022).

Menurutnya, sosialisasi dan edukasi pencegahan dapat lebih ampuh mengeliminir dampak bencana. Sebab, ketika masyarakat paham akibat suatu bencana maka akan muncul kesadaran untuk tidak bertindak sporadis terhadap lingkungan.

Contohnya, lanjut Wabup Ontot, perilaku membuang sampah. Ia melanjutkan, bila sampah dibuang ke sembarang tempat, apalagi jika di sungai, sampah-sampah tersebut dapat menjadi sumber bencana.

“Karena itu sosialisasi dan edukasi kebencanaan perlu ditanamkan ke seluruh masyarakat, terlebih pada anak-anak agar menjadi kebiasaan dan mereka tahu harus berbuat apa ketika bencana terjadi,” tutup Wabup Ontot. (Ram)