DISKOMINFO

Yohanes Ontot menghadiri Pengukuhan Temenggung  Desa sosok, Kecamatan Tayan Hulu


SANGGAU – Wakil Bupati Sanggau yang juga Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sanggau, Yohanes Ontot menghadiri Pengukuhan Temenggung  Desa sosok, Kecamatan Tayan Hulu, Selasa (19/7/2022).

Wakil Bupati Sanggau yang juga Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sanggau, dalam sambutannya berpesan agar tumenggung yang telah dikukuhkan dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab dan mampu menyelesaikan persoalan yang ada di wilayah hukum adatnya.

“Selamat kepada Burhanudin tadi telah kita saksikan bersama pengukuhannya. Kita berharap bahwa temenggung ini kan dipilih dari dan oleh masyarakat tentu dia memiliki tanggungjawab yang besar dalam melaksanakan tugas untuk menegakkan adat istiadat,  dan budaya suku dayak. Sehingga harus mampu menyelesaikan persoalan yang ada di wilayah hukum adatnya,”katanya,

Selain itu, Wabup juga berpesan agar masyarakat menghargai keputusan Temenggung dan berharap keputusan dari pengurus adat harus sesuai dengan hukum adat yang telah diturunkan dari leluhur, Sehingga tidak membuat Aturan-aturan sendiri.

“Masyarakat juga harus menghargai dan menghormati setiap langkah atau keputusan yang diambil oleh temenggung, Karena dia sudah diberikan mandat tersebut. Dan pastinya keputusan tersebut harus sesuai dengan apa yang telah diturunkan oleh leluhur kita,”jelasnya.