cctv pantau sanggau

Tempat Umum di Sanggau Terpantau CCTV


SANGGGAU, RUAI.TV – Sejumlah kamera pengintai atau CCTV telah terpasang untuk memantau kondisi tempat umum di Kabupaten Sanggau. Pergerakan masyarakat kini semakin mudah terdeteksi, terutama jika ada kemungkinan tindakan kejahatan atau pelanggaran.

Kamera pengintai itu terhubung ke ruang kontrol milik Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Sanggau. Dari tempat ini, berbagai aktivitas masyarakat terjejak dalam rekaman digital.

Baca juga: 144 Pelajar SD di Pontianak Unjuk Kemampuan di Festival Seni

Kepala Diskominfo Sanggau, Joni Irwanto, Senin (18/07/2022) mengatakan, beberapa CCTV sudah terpasang di dalam kota Sanggau, maupun di persimpangan menuju arah luar kota. Adanya kamera pengintai, sebagai perangkat penyedia informasi untuk pihak Kepolisian, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, ataupun instansi lain yang memerlukannya.

“Di dalam kota sudah terpasang di empat titik di tempat umum. Sementara di luar kota, juga sudah terpasang beberapa persimpangan menuju luar kota,” kata Joni Irwanto.

Baca juga: 3 Fakultas di Universitas Katolik Pertama di Kalbar, Apa Saja?

Di dalam kota maupun di luar kota, kamera pengintai ini memantau ruas-ruas jalan utama yang cukup padat. Di arah menuju luar kota, kamera pengintai terpasang di Simpang Sosok, Kecamatan Tayan Hulu. Juga di Simpang Ampar, Kecamatan Tayan Hilir.

“Akan kami kembangkan lagi di beberapa titik, sehingga semakin mudah melakukan pemantuan situasi,” lanjut Joni Irwanto.

Dari ruang kontrol Dikominfo, empat layar selalu menyuguhkan kondisi sebagaimana terekam melalui kamera ini.

Baca juga: 3 Ribu Ayam Hangus Terbakar Subuh-subuh

Adanya pemasangan CCTV ini sebagai cara untuk memastikan kondisi tempat umum bisa terpantau dengan baik. Sekaligus sebagai cara mengajak masyarakat untuk lebih tertib.

Adanya kamera pengintai, semakin mempermudah pemantauan. Misalnya jika terjadi kasus kejahatan di tempat umum, dan juga peristiwa kecelakaan lalu lintas dengan pelaku yang melarikan diri. (RED)

Artikel Tempat Umum di Sanggau Terpantau CCTV pertama kali tampil pada RUAI.TV.