Tahun Ini 3 SMA Dibangun di Tiga Kecamatan di Sanggau – Kalimantan Today

Tahun Ini 3 SMA Dibangun di Tiga Kecamatan di Sanggau – Kalimantan Today


Gubernur Kalbar. Sutarmidji/Ist/dok.

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Sebanyak empat SMA akan dibangun di Kabupaten Sanggau selama dua tahun ke depan. Tiga di antaranya tahun 2022. Hal itu diungkapkan Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji dalam kegiatan virtualnya bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sanggau, Selasa (19/07/2022).

Pembangunan sekolah tersebut sebagai salah satu upaya menurunkan angka putus sekolah, utamanya di jenjang pendidikan menengah atas. Diharapkan juga akan dapat menampung banyak siswa lulusan jenjang menengah pertama di Kabupaten Sanggau yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya.

“Tahun ini (2022) ada tiga SMA yang dibangun yakni di Kecamatan Parindu, Meliau dan Tayan,” katanya.

Sementara itu, untuk tahun depan (2023), gubernur juga menyebut akan dibangun sekolah SMA di Sanggau. Hanya saja lokasinya belum ditetapkan. Untuk itu, pemerintah daerah disilahkan menyiapkan lahan agar Pemprov dapat segera membuat programnya di tahun depan.

“Untuk tingkat SMA, tahun depan, satu SMA akan dibangun lagi dan ada penambahan ruang kelas. Penambahan ruang kelas akan dilakukan di SMA Negeri 1, SMA Negeri 2 dan SMA Negeri 3 Sanggau. Ini supaya kita bisa nampung banyak murid dan menekan angka putus sekolah,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sanggau, Sudarsono membenarkan informasi terkait pernyataan Gubernur Kalimantan Barat tersebut. Menurutnya, tahun 2022 dan 2023 mendatang, total ada empat SMA yang akan dibangun di Sanggau. Namun untuk di tahun 2023, lokasinya masih belum ditentukan. Pemda Sanggau diminta menyiapkan lahan.

“Iya, kata pak Gubernur, tahun ini (2022) ada tiga yang dibangun yakni di Parindu, Meliau dan Tayan. Tahun depan (2023) ada satu sekolah lagi, cuma lokasinya belum ditentukan. Pemkab diminta untuk menyiapkan lahan,” sebut Sudarsono. (Ram)