Disbunak Sanggau Pastikan Sapi di Desa Tri Mulya Layak Kurban


SANGGAU, RUAI.TV – Ternak sapi di Desa Tri Mulya, Kecamatan Mukok, Kabupaten Sanggau, mendapatkan pengawasan dan pemeriksaan dari Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Sanggau. Hewan-hewan ini memang untuk kurban dalam perayaan Idul Adha tahun 2022 ini.

Pada H-1 Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah, Disbunak Sanggau melakukan pengecekan kembali di desa ini. Tim gabungan termasuk para personel TNI Polri serta perangkat desa setempat.

Baca juga: Pesan MUI Sekadau untuk Panitia Kurban

Dalam pemantauan ini, tim melakukan penyemprotan kandang dengan cairan disinfektan. Tindakan ini menjadi bagian lanjut penanganan antisipasi penyakit mulut dan kuku (PMK) pada sapi.

Dokter hewan wilayah kerja Kecamatan Mukok dan Jangkang, drh. Putu Mira, mengatakan, sapi-sapi di Desa Tri Mulya dalam kondisi sehat dan aman untuk komsumsi. Dengan demikian, hewan ternak ini layak untuk kurban.

Baca juga: Salat Idul Adha Sanggau di Halaman Kantor Bupati

“Kami memastikan sapi-sapi yang akan dikurbankan di sini layak konsumsi,” kata drh. Putu Mira.

Kapolsek Mukok, Ipda Suharyanto, mengatakan, penyemprotan kandang sapi sebagai cara memastikan kebersihannya. Terutama untuk pencegahan agar hewan tetap sehat menjelang pelaksanaan kurban.

“Kandang juga harus sehat, sehingga sapi bisa terjaga kesehatanya dan layak dijadikan hewan kurban,” kata Ipda Suharyanto.

Baca juga: Desa Penyeladi Terima Satu Ekor Sapi Kurban

Sementara itu, Ketua Umum Panitia Hari Besar Islam (PHBI)Kabupaten Sanggau, Akhmad Saukani, menyebut, animo masyarakat termasuk Pemerintah Kabupaten untuk berkurban sangat besar. Tahun ini, jumlah permintaan hewan kurban meningkat tinggi dibanding tahun-tahun sebelumnya. (RED)

Artikel Disbunak Sanggau Pastikan Sapi di Desa Tri Mulya Layak Kurban pertama kali tampil pada RUAI.TV.