Categories: RUAITV

Meliau Terima Sapi Kurban dari Presiden


PONTIANAK, RUAI.TV – Seekor sapi jenis limosin menjadi hewan kurban pemberian Presiden Joko Widodo untuk warga di Kecamatan Meliau. Sapi seberat 950 kilogram itu berusia tiga tahun.

Bantuan hewan kurban itu Presiden berikan melalui Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat. Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan, dengan dampingan Sekretaris Daerah, Harisson, menyerahkan sapi ini kepada pengurus Masjid Besar Al-Ittihad di Kecamatan Meliau, Kabupaten Sanggau.

Baca juga: 2.000 Sapi dari NTT Masuk Kalbar untuk Idul Adha

“Alhamdulilah, ini merupakan bantuan dari Bapak Presiden. Sapi ini bebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK) dan kita salurkan ke Kecamatan Meliau,” kata Ria Norsan, saat penyerahan sapi kurban tersebut, Kamis (07/07/2022) di Halaman Kantor Gubernur Kalimantan Barat.

Selain bantuan sapi dari Presiden, jajaran Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat juga menyerahkan puluhan ekor hewan kurban kepada masyarakat.

Baca juga: Kandang Sapi di Kubu Raya Diseprot Disinfektan

Ria Norsan mengatakan, ada 59 ekor sapi kurban dari OPD dan donatur-donatur perorangan yang berpartisipasi. Hewan-hewan ini akan menjadi kurban pada perayaan Idul Adha 1443 Hijrian.

Dia juga menyinggung pesan pemerintah pusat yang melarang zona merah PMK mendistribusikan hewan kurban ke daerah zona hijau.

“Kami sudah mendapatkan penjelasan mengenai zona merah hewan ternak yang terkena PMK tidak boleh dibawa ke zona hijau. Artinya, daerah yang terkena PMK tidak boleh membawa sapi ke daerah tidak ada PMK,” tegas Ria Norsan.

Baca juga: Kalbar Salurkan 3.900 Dosis Vaksin Ternak

Hewan ternak yang berada di zona hijau dan tidak terkena PMK diperbolehkan untuk didistribusikan ke zona merah PMK. Pemerintah pusat juga berpesan agar hewan ternak segera menerima vaksinasi.

“Hewan ternak yang sakit tidak boleh untuk kurban. Harus yang terbebas dari PMK (yang boleh untuk kurban,” ujar Ria Norsan. (*/RED)

Artikel Meliau Terima Sapi Kurban dari Presiden pertama kali tampil pada RUAI.TV.


Bagikan

Berita Terbaru

  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Gunung Semeru Meletus pada Hari Raya Lebaran Ketiga hingga Telan Korban Jiwa -17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan video berdurasi 4 menit 56 detik di platform YouTube yang mengeklaim bahwa pada hari raya Lebaran ketiga Gunung Semeru yang berlokasi di Provinsi Jawa Timur meletus hingga menelan korban jiwa.…

4 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Sebuah Terowongan Bawah Laut Mengalami Kebocoran – 17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah video di media sosial TikTok yang memperlihatkan adanya kebocoran air yang cukup deras di sebuah dinding terowongan yang diduga adalah terowongan bawah laut. Dalam unggahan video tersebut juga terdengar suara teriakan…

4 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Pengambilan Bansos THR dengan KTP di ATM – 17/04/2024

Penjelasan : Beredar unggahan di media sosial Twitter/X sebuah video memperlihatkan seseorang mengambil uang dari mesin anjungan tunai mandiri (ATM) menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dilengkapi narasi narasi yang mengeklaim bahwa pengambilan dana bantuan sosial…

4 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Tentara Merah Cina Berdatangan Setiap Jam ke Indonesia Mulai 1 April 2024 – 17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan video di media sosial Facebook yang mengeklaim ratusan Tentara Merah Cina memasuki Indonesia setiap jam secara bertahap melalui suatu bandara. Unggahan video tersebut dilengkapi dengan narasi "1 April 2024 tentara-tentara…

4 jam lalu