Categories: Diskominfo

Wabup Sanggau Yohanes Ontot Menghadiri Sembahyang Darah Salib Suci Di Dusun Sedoya


//DiskominfoSanggau
SANGGAU – Wakil Bupati Sanggau Sekaligus Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sanggau Drs. Yohanes Ontot, M. Si menghadiri Sembahyang Darah Salib Suci sekaligus Gawai Dayak di Dusun Sedoya Desa Hibun Kecamatan Parindu Kabupaten Sanggau. Jum’at (01/7/22).

Pada kesempatan tersebut dalam sambutannya Wakil Bupati Sanggau menyampaikan agar masyarakat selalu kompak melaksanakan kegiatan tersebut.
“Saya tau masyarakat di sini kompak apalagi saat acara gawai seperti ini, yang jauh-jauh pun pulang ke kampungnya untuk kumpul sama keluarga merayakan gawai berkunjung ke tetangga, kerabat dan keluarga,” ucap Yohanes Ontot.
“Ini merupakan hal yang sangat penting untuk kita jaga karena akan menambah kekompakan kita, kepedulian kita kepada sesame,” sambungnya.

Wakil Bupati yang Juga Ketua DAD Kabupaten Sanggau ini juga berpesan agar masyarakat yang hadir untuk selalu eksis dan tak malu menunjukan jati diri sebagai orang Dayak yang memiliki martabat dimanapun berada.
“Jangan malu tampil sebagai orang Dayak, kegiatan gawai seperti ini lah jati diri kita sejak dulu dari zaman nenek moyang, kita lestarikan, kita jaga dan pelihara, ini bentuk rasa syukur kita kepada Sang Pencipta, banyak atau sedikit hasil panen padi kita, kita harus bersyukur, ini lah kelebihan kita sebagai orang Dayak,” ujar Yohanes Ontot

Selanjutnya Wakil Bupati dua periode yang kerab disapa Pak Yo juga berharap masyarakat mampu melestarikan Budaya Adat seperti Acara Gawai Sykur hasil Panen Padi.
“Kita harus mampu menjaga, menggali dan melestarikan adat budaya kita, jangan mudah menjual tanah, nanti tidak ada tempat kita berladang, bersawah, terus nanti apa yang mau kita panen, atau bagaimana kita mensyukuri hasil panen padi kita, lama kelamaan bisa hilang acara gawai seperti ini jika semua tanah dijual dan tak ada yang nanam padi,” pungkasnya.

Di akhir sambutannya ia berharap mengucapkan selamat merayakan Nosu Minu Podi di Dusun Sedoya dapat berharap semua dapat berjalan dengan baik.
“Semoga acara gawai syukur ini dapat berjalan dengan baik, nanti saya juga akan berkeliling ke beberapa rumah, yang tidak sempat saya singgah karena ramai masyarakat di sini, secara keseluruhan saya ucapkan selamat merayakan Nosu Minu Podi kepada masyarakat di Dusun Sedoya ini, semoga semua berjalan lancar,” ujar Yohanes Ontot.


Bagikan

Berita Terbaru

  • Laporan Hoax

[HOAKS] Akun Facebook Mengatasnamakan Pj Wali Kota Tangerang DrNurdin – 18/03/2024

Penjelasan : Beredar sebuah akun di media sosial Facebook mengatasnamakan Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Dr. Nurdin. Terlihat akun tersebut memasang foto Nurdin beserta sang istri pada foto pro?l maupun latar belakangnya.     Faktanya,…

3 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Presiden Jokowi Perintahkan Menangkap Pendemo Pemilu 2024 – 18/03/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan video di media sosial Instagram yang memperlihatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedang berpidato dan sejumlah orang yang tengah melakukan aksi demonstrasi. Dalam unggahan video tersebut terdengar Presiden Jokowi mengatakan kepada…

3 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Sekelompok Preman Mendatangi Masjid – 18/03/2024

Penjelasan : Beredar beberapa unggahan video di media sosial Facebook yang mengeklaim bahwa sekelompok preman mendatangi masjid dan melecehkan tempat ibadah. Unggahan tersebut turut memuat narasi "Dimana menteri agamanya.  masjid  tempat ibadah umat Islam sedang…

3 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Bupati Halmahera Selatan Bassam Kasuba – 18/03/2024

Penjelasan : Beredar akun WhatsApp yang mengatasnamakan Bupati Halmahera Selatan, Bassam Kasuba dengan nomor 0858 7697 1364. Akun tersebut melakukan modus penipuan mengirimkan pesan kepada pengurus masjid di Kabupaten Halmahera Selatan dengan menawarkan bantuan dana.…

4 jam lalu