Categories: Diskominfo

Yohanes Ontot Kukuhkan Pengurus DAD Kecamatan Kapuas, Sisen Jabat Ketua


SANGGAU- Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Sanggau yang juga Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot mengkukuhkan pengurus DAD Kecamatan Kapuas periode 2021-2026 di Rumah Betang DAD Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalbar, Kamis 30 Juni 2022. Adapun yang menjabat Ketua DAD Kapuas adalah Andreas Sisen.

Hadir juga Sekretaris DAD Kabupaten Sanggau Urbanus, Ketua Umum Pemuda Dayak Kabupaten Sanggau (PDKS) Yuvenalis Krismono, Ketua DAD kecamatan se-Kabupaten Sanggau.

Selain itu, hadir juga Dandim 1204/Sanggau Letkol Inf Bayu Yudha Pratama, anggota DPRD Provinsi Kalbar Fransiskus Suwondo, sejumlah anggota DPRD Kabupaten Sanggau dan beberapa kepala OPD Sanggau, Forkompincam Kapuas atau yang mewakili dan tamu undangan lainnya.

Usai pengukuhan, Ketua DAD Kabupaten Sanggau Yohanes Ontot berharap kepada seluruh pengurus DAD Kecamatan Kapuas agar bekerja sesuai dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga yang ada.

“Kemudian, segera lakukan konsolidasi internal untuk memastikan visi, misi dan program kerja berjalan sebagaimana mestinya,”katanya.

Selain itu, Wabup Sanggau juga meminta agar DAD Kecamatan Kapuas bersatu dan kompak. “Ini lembaga resmi yang harus diakui dan dipatuhi oleh masyarakat adat yang ada di wilayah Kecamatan Kapuas. DAD juga harus bertindak seara cerdas, rasional dan bijak,”ujarnya.

Wabup Sanggau juga berpesan kepada masyarakat adat dayak, agar dapat menghargai pemimpin lembaga adat. “Orang Dayak itu lah yang menghargai lembaga adatnya. Menghargai pemimpinnya, saya kira inilah prinsip pokoknya kalau mau kita maju, lebih baik sebagai bangsa dayak,”tegasnya.

Wabup juga meminta agar pengurus DAD Kecamatan Kapuas memastikan para temenggung yang ada di wilayah masing-masing bekerja sesuai kewenangannya. “Agar setiap persoalan yang ada tidak diekskusi disitu, tetapi dilakukan oleh orang yang punya wewenangan untuk memutuskan adat,”tuturnya.

Usai dikukuhkan, Ketua DAD Kecamatan Kapuas Andreas Sisen menegaskan, salah satu agenda kedepannya adalah penyelesaian pembangunan rumah betang DAD Kapuas.

“Yang pasti kita akan menyelesaikan pembangunan rumah betang dulu. Setelah rumah Betang ini jadi, baru kita akan rapat untuk mengemas komposisi-komposisi dibawah, terutama di desa-desa. Baik itu ketua adatnya maupun para temenggung nya,”katanya

“Kita akan mendata temenggung yang sudah dilantik di tingkat desa, sehingga kita bisa berkolaborasi dalam rangka menyelesaikan persoalan di tingkat bawah,”tambahnya.

Sisen yang juga anggota DPRD Sanggau itu menambahkan, DAD Kapuas juga berkomitmen untuk terus mendorong pelestarian dan pengembangan adat dan budaya dayak.

“Kita akan mendata budaya yang ada di kecamatan Kapuas untuk kita dorong, kita angkat hingga ke tingkat kabupaten, provinsi bahkan nasional. Itu juga prioritas kita, sehingga budaya yang ada tetap terlestarikan,”pungkasnya.


Bagikan

Berita Terbaru

  • Radar Kalbar

Terpanggil Jaga Marwah Partai, Yance Siap Berlaga di Pilkada Sanggau – Radar Kalbar

FOTO : Timotius Yance didampingi Ketua Harian Partai Golkar, Abdul Rahim S.H dan koordinator tim pemuda, Sulaiman saat mengambil formulir pendaftaran bakal calon Wakil Bupati di Sekretariat PDI Perjuangan Kabupaten Sanggau [Sery Tayan]SANGGAU – radarkalbar.comPOLITISI…

9 jam lalu
  • Diskominfo

Buka Muscab DPC ISKA Kabupaten Sanggau, Ini Pesan Pj. Bupati Sanggau

//DISKOMINFO-SANGGAU// SANGGAU – Penjabat (Pj) Bupati Sanggau, Suherman, S.H., M.H membuka secara resmi Musyawarah Cabang (Muscab) ke-3 DPC ISKA (Ikatan Sarjana Katolik) Kabupaten Sanggau Periode 2024-2028, bertempat di Aula DPRD Kabupaten Sanggau. Jumat (19/4/2024). “Harapannya…

9 jam lalu
  • Diskominfo

Buka MUSCAB DPC ISKA Kabupaten Sanggau, Ini Pesan Penjabat Bupati Sanggau

//DISKOMINFO-SGU// SANGGAU – Pejabat (Pj) Bupati Sanggau, Suherman, S.H., M.H membuka secara resmi Musyawarah Cabang ke-3 DPC ISKA Kabupaten Sanggau Periode 2024-2028 di Aula DPRD Kabupaten Sanggau, Jumat, (19/4/2024) “Harapannya adalah yang pertama agar pengurus…

9 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Gunung Semeru Meletus pada Hari Raya Lebaran Ketiga hingga Telan Korban Jiwa -17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan video berdurasi 4 menit 56 detik di platform YouTube yang mengeklaim bahwa pada hari raya Lebaran ketiga Gunung Semeru yang berlokasi di Provinsi Jawa Timur meletus hingga menelan korban jiwa.…

2 hari lalu