Categories: Kalimantan Today

Penetapan Lokasi Pembebasan Lahan Nasional di Entikong Masih Proses Revisi Anggaran – Kalimantan Today


Foto—Tanah dan bangunan milik warga yang belum di bebaskan di Entikong–ist

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Proses pembebasan lahan sebagai dampak pembangunan jalan nasional di Entikong kini berada di Pelaksa Jalan Nasional (PJN) wilayah Kalimantan Barat di Pontianak.

Demikian diungkapkan Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sanggau, Komarudin, Kamis (30/06/2022)

“Bolanya di Satker PJN kapan mereka akan membayar. Kami siap mendampingi jika diiminta,” katanya.

Ia mengatakan dari 624 bidang yang diinventarisir, sudah ada beberapa bidang yang dibayar.

“Nanti data siapa yang sudah dan yang belum saya kasihkan. Tetapi pada saat akhir 2021, Surat Keputusan penetapan lokasi (SK-penlok)-nya berakhir sehingga harus diajukan lagi perpanjangan. Penlok-nya itu PJN,” terang Komarudin.

Sehubungan SK Penlok (penetapan lokasi) telah berakhir, untuk meneruskan pembebasan lahan yang tertunda maka Satker mengajukan perpanjangan Penlok.

“Untuk mengajukan perpanjangan dimintalah rekomendasi BPN Sanggau karena BPN Sanggau sebagai pelaksana. Intinya kami tidak keberatan perpanjangan Penlok dan sudah memberikan rekomendasi. Alhamdulillah juga sudah disetujui Gubernur perpanjangan satu tahun sampai Desember 2022,” ujarnya.

Komarudin menyebutkan perpanjangan Penlok sudah keluar dan Satker PJN juga sudah disurati soal perpanjangan penetapan lokasi.

“Sudah kami surati PJN bahwa kami sudah menerima Penlok, silakan Satker PJN melanjutkan sisa pembayaran yang belum tuntas. Kalau tidak salah bulan Mei kemarin kami surati. Sekarang ini bolanya bukan dikami lagi tapi di Satker PJN,” ungkapnya.

Ketua Panitia Pembebasan Lahan Pelaksana Jalan Nasional wilayah Kalimantan Barat di Pontianak, Hadiono menjelaskan, pembebasan lahan Entikong saat ini masih berproses.

“Kami masih menunggu turunnya anggaran. Saat ini masih dalam proses revisi Anggaran di DJA Kementrian Keuangan,” terang Hadiono.

Salah satu perwakilan warga terdampak pembangunan jalan nasional di Entikong, Raden Nurdin mengapresiasi langkah Gubernur Kalbar Sutarmidji yang telah mengeluarkan perpanjangan Penlok lahan yang akan dilanjutkan pembayarannya.

Apresiasi juga diberikan Nurdin sapaan akrabnya kepada Kepala BPN Sanggau Komarudin sebagai Ketua Pelaksana pembebasan lahan yang telah membantu warga menuntaskan pembayaran lahan yang sempat tertunda.

“Kami mendesak PJN segera menuntaskan pembayaran lahan yang sudah tertunda cukup lama. Pak Gubernur sudah mengeluarkan Penlok, sebaiknya dipercepat, karena tidak lama lagi masa berlaku Penlok akan segera berakhir. Khawatirnya tertunda lagi, sementara kalau mengajukan perpanjangan lagi tentu butuh waktu yang cukup lama. Jadi kami minta disegerakanlah hak-hak kami itu,” harap Nurdin. (Ram)


Bagikan

Berita Terbaru

  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Gunung Semeru Meletus pada Hari Raya Lebaran Ketiga hingga Telan Korban Jiwa -17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan video berdurasi 4 menit 56 detik di platform YouTube yang mengeklaim bahwa pada hari raya Lebaran ketiga Gunung Semeru yang berlokasi di Provinsi Jawa Timur meletus hingga menelan korban jiwa.…

18 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Sebuah Terowongan Bawah Laut Mengalami Kebocoran – 17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah video di media sosial TikTok yang memperlihatkan adanya kebocoran air yang cukup deras di sebuah dinding terowongan yang diduga adalah terowongan bawah laut. Dalam unggahan video tersebut juga terdengar suara teriakan…

18 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Pengambilan Bansos THR dengan KTP di ATM – 17/04/2024

Penjelasan : Beredar unggahan di media sosial Twitter/X sebuah video memperlihatkan seseorang mengambil uang dari mesin anjungan tunai mandiri (ATM) menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dilengkapi narasi narasi yang mengeklaim bahwa pengambilan dana bantuan sosial…

18 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Tentara Merah Cina Berdatangan Setiap Jam ke Indonesia Mulai 1 April 2024 – 17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan video di media sosial Facebook yang mengeklaim ratusan Tentara Merah Cina memasuki Indonesia setiap jam secara bertahap melalui suatu bandara. Unggahan video tersebut dilengkapi dengan narasi "1 April 2024 tentara-tentara…

18 jam lalu