Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot Pimpin Upacara Hari Berkabung Daerah Kalbar Di Sanggau


//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU – Wakil Bupati Sanggau, Drs. Yohanes Ontot, M.Si memimpin upacara hari berkabung daerah yang diperingati di halaman kantor Bupati Sanggau, Selasa (28/6/2022) pagi. Sejumlah unsur Forkompinda, pimpinan OPD, ASN, TP PKK, GOW, Ormas dan tenaga honorer tampak hadir dalam apel hari berkabung daerah yang diperingati setiap tanggal 28 Juni tersebut.

Gubernur Kalimantan Barat dalam sambutannya yang diibacakan Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot menyampaikan, upacara hari berkabung daerah dilaksanakan sebagai bentuk penghargaan kepada para pejuang, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat yang mempertahankan bangsa dan negara dari penjajahan Jepang di bumi khatulistiwa Kalimantan Barat.

“Ini juga salah satu cara kita mengingatkan kembali kepada masyarakat khususnya generasi muda akan perjuangan masyarakat Kalbar melawan kekejaman penjajahan khususnya penjajahan Jepang kala itu,” ujar Gubernur.

Oleh karena itu, hari berkabung daerah yang diperingati setiap tahun, mengedepankan upaya menumbuhkembangkan nilai kepahlawanan dan dapat mengambil makna yang terkandung di dalamnya untuk kemudian diimplementasikan dalam membangun dan mempersatukan masyarakat Kalimantan Barat khususnya dan Indonesia pada umumnya.

“Semangat dan nilai kepahlawanan yang ditunjukan para pendahulu kita hendaknya dapat kita hayati dan menjadi inspirasi yang kemudian memacu dan memicu semangat kita mengisu kemerdekaan itu,” ungkapnya.

Hari berkabung daerah yang mengangkat tema ‘lanjutkan perjuanganku wahai generasi penerus bangsa untuk membangun bangsa’ lanjut Gubernur, hendaknya dijadikan momentum meningkatkan semangat generasi muda membangun negeri dengan dasar cinta tanah air, kepedulian dan kebersamaan untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan dialam mengatasi berbagai masalah yang dihadapi bangsa saat ini.