Opening Speech Bupati Sanggau Pada Webinar Pendidikan 2022

Opening Speech Bupati Sanggau Pada Webinar Pendidikan 2022


Bupati Sanggau, Paolus Hadi, S.IP,  M.Si, menyampaikan Opening Speech pada Webinar Pendidikan 2022 dengan tema “Membentuk SDM Guru Daerah Di Kabupaten Sanggau Yang Unggul Dalam Bermedia Digital, Numerasi, Dan Berkarakter Serta Berdaya Saing Global” , melalui Zoom bertempat di Ruang VVIP Lantai II Kantor Bupati Sanggau, Senin (20/06/2022).

Webinar Ini Diselenggarakan Oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi), Pemerintah Kabupaten Sanggau Bersama Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara Dan Sahabat Guru Yang Bersinergi Dengan Kementerian Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia Melalui Program Literasi Digital Nasional “Indonesia Makin Cakap Digital”.

Tantangan Yang Dihadapi Dunia Pendidikan Di Era Pandemi Covid-19 Saat Ini Sangatlah Berat, Sehingga Dibutuhkan Orang-Orang Yang Mumpuni Secara Fisik Baik Sehat Jasmani Maupun Rohani Serta Memiliki Kompetensi Dan Semangat Juang Tinggi Untuk Memajukan Dunia Pendidikan Di Indonesia Dengan Kreatifitas Dan Inovasinya, ujar Bupati Sanggau.

Bupati Sanggau Menyampaikan Bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) Merupakan Faktor Penting Yang Menjadi Modal Pembangunan Bagi Semua Daerah Termasuk Bagi Kabupaten Sanggau. Pemerintah Kabupaten Sanggau Memiliki Komitmen Yang Tinggi Terhadap Pembangunan (SDM).

Berawal Dari Sebuah Kalimat Motivasi “Secanggih Apapun Teknologi Tidak Akan Pernah Menggantikan Peran Guru, Tetapi Guru Yang Tidak Mau Belajar Teknologi Akan Tergantikan”, Maka Hal Ini Bisa Menjadi Awal Untuk Memulai, ungkap Bupati Sanggau.

Guru Dapat Menuangkan Ide Kreatif Untuk Mengembangkan Teknologi Digital Yang Diadaptasi Untuk Pembelajaran Dan Edukasi. Aplikasi Maupun Sosial Media Yang Digunakan Masyarakat Tentu Sudah Tidak Asing Lagi Dalam Kehidupan Sehari-Hari Kita. Mari Kita Maksimalkan Pemanfaatannya Untuk Pendidikan., lanjutnya lagi.

Media Pembelajaran Yang Berhasil Adalah Yang Dapat Mengubah Perilaku Peserta Didik (Behavior Change) Serta Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Tertentu. Keberhasilan Penggunaan Media Pembelajaran Tidak Terlepas Dari Bagaimana Media Itu Direncanakan Dengan Baik. Penggunaan Media Yang Efektif Diperlukan Analisis Yang Komprehensif Dengan Memperhatikan Berbagai Aspek, Antara Lain Tujuan, Kondisi Peserta Didik, Fasilitas Pendukung, Waktu Yang Tersedia, Dan Kemampuan Guru Untuk Menggunakannya Dengan Tepat., kata Beliau.

Pemanfaatan Teknologi Atau Media Dalam Pembelajaran Memiliki Tantangan Tersendiri. Misalnya Keterbatasan Anggaran Biaya Serta Lingkungan Dan Aspek-Aspeknya Merupakan Sebuah Subsistem Dalam Pembelajaran Yang Turut Mempengaruhi Keberhasilan Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran.

Namun, Terlepas Dari Tantangan-Tantangan Tersebut, Mengintegrasikan Media Berteknologi Digital Ke Dalam Pembelajaran Merupakan Sebuah Kebutuhan Saat Ini. Karena Menyiapkan Peserta Didik Untuk Siap Menghadapi Kehidupan Masa Depannya Harus Segera Dimulai Dari Masa Belajar Di Sekolah.

Di Akhir Sambutannya, Bupati Sanggau Menyampaikan Bahwa Syarat Utama Untuk Mengintegrasikan Teknologi Yang Berhasil Adalah Tentang Kesediaan Untuk Beradaptasi Dengan Perubahan. Hal Ini Merupakan Proses Berkelanjutan Dan Tuntutan Pembelajaran Berkelanjutan Bagi Semua Pihak, Terutama Bagi Guru Sebagai Ujung Tombak Pendidikan Indonesia.

(TP/Juni 2022)