Lantik Pengurus FORIKAN Kabupaten Sanggau, Paolus Hadi: Konsumsi Ikan Bantu Cegah Stunting


SANGGAU – Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.I.P., M.Si Melantik Pengurus Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) Kabupaten Sanggau Periode 2022-2025 di Komplek Taman Sentana, Kecamatan Kapuas. Senin (20/6/22).


Pada kesempatan tersebut Paolus Hadi melantik Ketua dan Pengurus Forikan Kabupaten Sanggau yang secara simbolis menyematkan Pin Forikan kepada Ketua Forikan Kabupaten Sanggau yaitu Ny. Arita Apolina, S.Pd.,M.Si.
Selain itu, Ketua Forikan Kabupaten Sanggau juga melantik 5 (Lima) Ketua Forikan Kecamatan yakni Kecamatan Kapuas, Kecamatan Meliau, Kecamatan Balai, Kecamatan Toba dan Kecamatan Noyan untuk Periode 2022-2025.

Kemudian dalam sambutannya Ny. Arita Apolina mengucapkan selamat kepada pengurus kecamatan yang telah dilantik dan mengajak untuk menjalin koordinasi yang baik.
“Saya ucapkan selamat kepada bapak-ibu pengurus Forikan Kecamatan yang telah dilantik, selamat bekerja sama dan saya harap kita dapat menyusun program yang mampu meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat di Sanggau,” ucap Ny. Arita Apolina.


Kemudian Ny. Arita Apolina yang juga sebagai ketua TP PKK Kabupaten Sanggau berharap agar Pengurus Forikan di Kecamatan dapat berkoordinasi dengan Pengurus Forikan di Kabupaten sehingga dapat melaksanakan program yang berjenjang.
“Saya minta nanti agar Pengurus Forikan Kecamatan untuk dapat menjalin hubungan atau berkoordinasi dengan pengurus Forikan di Kabupaten agar program-program dapat terlaksana secara berjenjang sehingga dapat bekerja sama tentunya juga dengan dinas terkait,” Ujar Ketua Forikan Kabupaten Sanggau.

Ia juga meminta agar para peserta dapat mengkampanyekan gerakan Gemar Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).
“Kita sama-sama lakukan kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di tingkat Kecamatan, mungkin dari keluarga kita dulu, ini untuk meningkatkan promosi makanan yang berbahan dasar atau olahan dari ikan,” ajak Ny. Arita Apolina.

Pada kesempatan yang sama Bupati Sanggau juga mengajak seluruh pengurus Forikan baik tingkat Kabupaten atau Tingkat Kecamatan bersama dengan jajarannya untuk merancang program untuk mengupayakan peningkatan konsumsi ikan.
“Ayo ibu ketua, jajaran pengurus yang ada di kabupaten dan kecamatan, mari kita semua bekerja sama, usahakan peningkatan konsumsi ikan karena angka konsumsi ikan kita masih terbilang rendah,”pungkas Paolus Hadi.


Paolus Hadi menambahkan pentingnya peningkatan konsumsi ikan di masyarakat karena itu dapat membantu mengatasi masalah stunting
“Kenapa hal ini penting? Karena dengan konsumsi ikan yang rutin dapat memenuhi kebutuhan protein, ini bagus untuk mencegah masalah stunting, apalagi mulai dari anak-anak sudah terpenuhi kebutuhan gizinya. Yaaa, selain ikan kita kasih juga telur, buah, vitamin dan lainnya untuk tumbuh kembang anak biar tidak stunting,” ujar PH (sapaan akrabnya).

Di akhir sambutannya ia mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus forikan kabupaten dan kecamatan yang telah dilantik.
“Saya ucapkan selamat, selamat bekerja juga tentunya dan susun program-program yang baik agar masyarakat kita ini mau rutin makan ikan, mulai promosikan gerakan gemarikan ini dari keluarga sendiri dulu, kerabat, teman dekat dan kemudian masyarakat,” pesan PH menutup sambutannya.