LPADK Binsika Tayan Resmi Menempati Gedung Baru Sekretariat


FOTO : rangkaian peresmian Sekretariat LPADK Binsika, terletak di Desa Kawat, Kecamatan Tayan, Kabupaten Sanggau (Herman)

TAYAN HILIR – radarkalbar. com

Wakil Bupati Sanggau, Drs Yohanes Ontot M Si melaksanakan peresmian Sekretariat Lembaga Pemadam Api Desa Kawat (LPADK) Bintang Satria Kawat (Binsika), Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau, Kalbar.

Seremoni peresmian ini ditandai dengan penandatanganan prasasti, pada Selasa (14/6/2022).

Hadir saat itu, Camat Tayan Hilir, Lovianus A, Kepala Desa (Kades) Kawat Albohri, Ketua LPADK Binsika, Ludzuardi, unsur forkompimcam Tayan Hilir serta berbagai unsur lainnya.

Saat itu, Ontot menilai kehadiran LPADK Binsika selama ini telah sangat membantu dalam membantu kebakaran kota, hutan dan lahan.

“Kita nilai kehadiran Binsika ini sangat membantu pemerintah dan masyarakat dalam kebakaran kota, hutan dan lahan di Kecamatan Tayan Hilir serta berbagai wilayah lainnya,” ungkap Ontot.

Ontot berharap berbagai kalangan badan usaha yang berada di Kecamatan Tayan Hilir, untuk terus memberikan support, kepada LPADK Binsika.

” Binsika ini sebuah organisasi sosial. Kita berharap badan usaha yang ada di Tayan terus memberikan supportnya,” harap Ontot.

Gunting pita keesokannya

Momen peresmian ini, bukan hanya dilaksanakan oleh Wakil Bupati Sanggau, Drs Yohanes Ontot M Si. Akan tetapi dihadiri pula Kasat Pol PP Sanggau, Victorianus S Sos, M Si pada Rabu (15/6/2022) keesokan harinya.

Seremoni pada momen ini dilaksanakan gunting pita dan pembukaan kain selubung nama LPADK Binsika oleh Kasat Pol PP Sanggau, Victorianus S Sos, M Si. Selanjutnya, dilaksanakan peninjauan peralatan serta bangunan sekretariat tersebut.

Menariknya, sela-sela momen ini, dilaksanakan penyerahan bantuan berupa slang semprot dari PT ICA oleh Manager CSR/ER, Heri S Sos. Kemudian bantuan dari PT Antam UBPB Tayan diserahkan perwakilannya Akhmad Fathoni.

Sejatinya, Sekretariat LPADK Binsika ini akan diresmikan sejak 2 tahun lalu. Hanya saja dikarenakan pandemi Covid-19, akhirnya ditunda. Dan baru terlaksanakan saat ini.

Hadir saat ini, Kapolsek Tayan Hilir AKP Suwanto, Danramil 1204/07 Tayan Kapten Inf Demianus Ruspana, Kasi Trantib Abui, Kades Kawat, Albohri, para kepala desa, perwakilan perusahaan serta sejumlah tokoh masyarakat dan ormas di Kecamatan Tayan Hilir.

Ketua LPADK Binsika, Ludzuardi memaparkan ihwal terbentuknya organisasi tersebut. Dimana merupakan hasil kerja sama beberapa unsur dari tokoh masyarakat, berawal dari niat kebersamaan.

“Cikal bakal Binsika ini, berawal juga dari pengalaman pribadi rumah saya terbakar. Kemudian ada niat kebersamaan, sehingga terbentuk lah Binsika hingga saat itu,” ungkap pria yang akrab disapa Ngah Culuk ini.

Ditambahkan, awalnya dari bangunan hanya berukur 3×3 meter di pinggir Sungai dari swadaya masyarakat. Hingga sekarang mendapatkan bantuan dari Pemkab Sanggau dengan menelan dana APBD sebesar kurang lebih Rp 300 juta, untuk pembangunan Sekretariat LPADK Binsika tersebut.

“Alhamdulillah, saat ini anggota sudah ada 30 orang, Ini relawan sejati semua tanpa digaji, untuk bangunan ini, ada bantuan Pemkab Sanggau melalui APBD,” jelasnya.

Dijelaskan, adapun sumber dana untuk operasional organisasi dan penggantian atau perbaikan peralatan, berasal dari iuran masyarakat Desa Kawat khususnya. Dan umumnya Kecamatan Tayan Hilir dengan jumlah bervariasi. Kemudian dari beberapa donatur diantaranya PT Antam, PT ICA, PT SAP serta beberapa pihaknya lainnya.

“Kami selalu hadir untuk masyarakat Tayan yang mengalami musibah kebakaran. Selama berdiri kami telah menangani sebanyak 38 kali kebakaran. Sebanyak 23 kali kebakaran hutan dan lahan, 2 kali gedung dan 13 kali rumah dan ruko,” tuturnya.

Diketahui, LPADK Binsika in bukan hanya konsen terhadap pemadaman api jika terjadi musibah kebakaran semata. Namun, turut ambil andil dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya di Kecamatan Tayan Hilir.

Adapun peralatan yang dimiliki LPADK Binsika saat ini, satu unit mobil kijang bak terbuka, 2 tangki isi tiga ton, satu unit mobil tangki serta sejumlah perangkat lainnya.

” Motto kita sama, pantang pulang sebelum padam, ” tegas Ngah Culuk.

Sementara, Danramil 1204/07 Tayan Hilir Kapten Inf Demianus Ruspana mewakili forkompimcam mengapresiasi dengan kiprah LPADK Binsika selama ini, dalam berbagai hal. Dan bukan hanya saat terjadi kebakaran saja.

” Kami unsur Forkompimcam Tayan Hilir mengapresiasi dengan kiprah dan sumbangsih Binsika terhadap berbagai kegiatan sosial. Dan bukan hanya terjadi musibah saja Binsika ada. Tapi berbagai kegiatan sosial, Binsika ini selalu ada dan ambil bagian. Ini kepekaan sosial yang sangat tinggi, patut kita dukung dan support terus, ” tegas pria dengan tiga balok dipundak ini.

Sementara, Kepala Desa Kawat, Albohri menegaskan saat terbantu dengan adanya lembaga ini.

“Kita merasa terbantu terutama pada saat kebakaran dan Binsika ini, juga terjun dalam kegiatan sosial lainnya seperti kebersihan lingkungan dan berbagai lainnya,” jelas Albohri.

Kasat Pol PP Sanggau, Vicktorianus S Sos, M Si dalam arahannya melontarkan pujian dengan pengabdian dan kiprah LPADK Binsika selaku lembaga sosial selama ini. Tentunya, hal ini dijadikan motivasi untuk tetap konsisten membantu masyarakat, baik disaat mendapatkan musibah kebakaran, maupun dalam kegiatan sosial lainnya.

” Apa yang telah dilaksanakan Binsika ini sangat sejalan dengan visi dan misi Pemkab Sanggau. Nah, kedepan kita berharap apa yang telah dilaksanakan berupa pengabdian dan ketulusan dari Binsika ini terus ditingkatkan, demi untuk membantu masyarakat,” ungkapnya.

Menurut Vicktorianus, eksistensi Binsika selama ini tentunya karena kesolidan pengurus dan ikhlas dalam menjalankan fungsinya.

” Ini semua berangkat dari ketulusan dan keikhlasan pengurus dan anggota. Maka Binsika bisa berkiprah dan mendapatkan banyak apresiasi. Sebuah organisasi sosial, mesti dikelola secara tulus dan ikhlas. Maka akan maju lah organisasi itu,” pungkasnya.

Dibalik semua itu, untuk pemerintah dan tentunya kepada berbagai elemen di Bumi Hujan Emas (julukan Tayan Hilir) mesti sepakat bukan hanya sebatas memberikan apresiasi. Namun, hendaknya dukungan nyata juga mesti diberikan pula, tentunya demi eksistensi dan tetap mumpuninya kiprah LPADK Binsika kedepan.

LPADK Binsika bukanlah hanya berkiprah untuk suatu wilayah saja. Namun, untuk semua wilayah di Kecamatan Tayan Hilir, bahkan Kabupaten Sanggau.

Selamat kepada LPADK Binsika, yang telah diresmikan menempati sekretariat yang baru.

Pewarta : Ust Herman MD Sm Hk

Editor : Sery Tayan