Categories: RUAITV

23 Pilkades Serentak di Sanggau Tanpa Sengketa


SANGGAU, RUAI.TV – Perhelatan pesta demokrasi tingkat desa di Kabupaten Sanggau berlangsung tanpa sengketa. Sebanyak 23 desa telah menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) tanpa ada sanggahan dari kontestan yang kalah.

Pilkada serentak itu berlangsung pada 20 Mei 2022 lalu. Tidak ada suatu masalah serius yang menyertainya, sehingga secara umum berlangsung sesuai rencana. Tidak ada pasangan calon yang mengajukan persoalan sengketa dari hasil pemilihan.

Baca juga: 83 Sipir Penjara di Pontianak Jalani Tes Urin

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPM Pemdes) Kabupaten Sanggau, Alian, Senin (06/06/2022) mengatakan, lancarnya perhelatan Pilkades serentak berkat sinergitas yang baik antara pemerintah, TNI-Polri, panitia, serta masyarakat.

“Berdasarkan hasil pemilihan selama satu kali 24 jam setelah pemungutan suara, tidak ada terjadi persoalan atau sengketa yang harus menjalani proses,” kata Alian.

Baca juga: Candaan Paolus Hadi ke Yohanes Ontot: Eh, Pak Wakil Mau Jadi Bupati?

Alian mengatakan, DPM Pemdes telah menerima hasil pemilihan dari rapat pleno Tim Pembina Kecamatan. Dari pleno itu, hasil pemilihan masih menempatkan tiga incumbent atau pertahana Kades terpilih kembali.

Ketiga pertahana ini memimpin kembali Desa Moboi di Kecamatan Kembayan, Desa Kebadu dan Temiang Taba di Kecamatan Balai. Sesuai jadwal, pada 8 Juni ini camat menyerahkan laporan kepada DPM Pemdes, sehingga berikutnya memproses hasil pemilihan kepada Bupati Sanggau.

“Dari proses ini baru kita menentukan agenda pelantikan calon terpilih,” kata Alian. (RED)

Artikel 23 Pilkades Serentak di Sanggau Tanpa Sengketa pertama kali tampil pada RUAI.TV.


Bagikan

Berita Terbaru

  • Laporan Hoax

[HOAKS] Indonesia adalah Negara dengan Utang Terkecil di Dunia – 15/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah komentar di salah satu unggahan video pada platform TikTok yang mengeklaim bahwa Indonesia adalah negara dengan rasio utang terkecil di dunia. Adapun besar rasio utang yang dimiliki Indonesia adalah sebesar 35%.…

12 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Kuis Tebak Angka Berhadiah Toyota Hilux – 15/04/2024

Penjelasan : Beredar beberapa unggahan informasi di media sosial Facebook yang mengeklaim bahwa terdapat kuis tebak angka berhadiah sebuah mobil Toyota Hilux. Terlihat dalam unggahan-unggahan tersebut memuat gambar Toyota Hilux beserta sederet angka 609 dengan…

12 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Gas LPG 3 Kilogram Dijual Rp70 Ribu di Desa Sedayu, Kabupaten Kendal – 15/04/2024

Penjelasan : Beredar gambar tangkapan layar sebuah unggahan di media sosial Facebook berisi klaim yang menyebutkan bahwa gas LPG 3 kilogram dijual seharga Rp70 ribu di Desa Sedayu, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah. Faktanya, berdasarkan…

12 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Giveaway Motor CRF dan Uang Rp40 Juta oleh PT Astra Honda – 15/04/2024

Penjelasan : Beredar unggahan video di platform TikTok yang mengeklaim bahwa Honda Indonesia memberikan hadiah motor CRF dan uang Rp40 juta. Dilansir dari turnbackhoax.id, giveaway yang mengatasnamakan PT Astra Honda adalah penipuan. Akun yang menyebarkan…

12 jam lalu