Pengambilan Sumpah/Janji, Penandatanganan Perjanjian Kerja dan Penyerahan SK PPPK Guru Formasi Tahun 2021 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sanggau

Pengambilan Sumpah/Janji, Penandatanganan Perjanjian Kerja dan Penyerahan SK PPPK Guru Formasi Tahun 2021 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sanggau


 

Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP.,M.Si menghadiri Pengambilan Sumpah/Janji, Penandatangan Perjanjian Kerja dan Penyerahan Surat Keputusan Pengangkatan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sanggau Formasi T.A. 2021, bertempat di Halaman Kantor Bupati Sanggau, Selasa (7/6/2022).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sanggau, Herkulanus Heri Purnama, SH dalam laporannya menyebutkan bahwa ada 666 orang PPPK yang pada kesempatan ini diserahkan SK Pengangkatannya sebagai Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan semuanya adalah tenaga pendidik (guru).

“Hari ini yang hadir dan dinyatakan lulus PPPK Guru Tahap 1 dan Tahap 2 adalah 668 orang tetapi ada dua orang mengundurkan diri sehingga pada hari ini ada 666 orang yang kita ambil sumpah/janji serta kita serahkan SK Pengangkatan PPPK nya yang terdiri dari Guru SD 450 orang dan Guru SMP sebanyak 216 orang,”jelas Herkulanus.

Selanjutnya Bupati Sanggau dalam sambutannya menjelaskan bahwa PPPK juga adalah ASN yang memiliki hak dan kewajiban yang sama. “Saudara-saudara sekalian merupakan bagian dari aparatur sipil negara yang memiliki hak sama dengan Pegawai Negeri Sipil tentu saudara juga memiliki kewajiban yang saya harapkan kalian melaksanakan dengan sebaik-baiknya. Lakukan secara profesional berusaha untuk mencapai target kinerja serta mematuhi aturan disiplin dan kode etik sebagai seorang Aparatur Sipil Negara,”ucap Paolus Hadi.

“Ada tiga hal penting yang saya ingatkan kepada saudara untuk dikedepankan sebagai bagian dari ASN yaitu Integritas, Moral, Kinerja dan Kompetensi,”sambungnya.

Kemudian beliau menjelaskan bahwa guru adalah orang yang dipercaya ditiru, maka harus memberikan contoh perilaku di dalam bermasyarakat. “Kalian adalah seorang guru yang dipercaya dan akan ditiru oleh anak didik saudara sekalian. Disini diperlukan integritas dan moral yang baik dalam mendidik maupun dalam kehidupan bermasyarakat karena kalian akan dicontoh oleh anak-anak didik kalian dan dilihat oleh masyarakat.” pungkas Paolus Hadi.

Ia juga berpesan kepada 666 orang PPPK yang hari ini diserahkan SK nya serta diambil sumpah/janji agar memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung pelaksanaan pendidikan dan menfaatkan media sosial (medsos) dengan bijaksana. “Perkembangan dunia informasi dan teknolgi harus bisa saudara manfaatkan sebagai media dalam menunjang pelaksanaan tugas saudara sebagai guru, jangan gunakan medsos untuk update status mengeluh yang tidak jelas,” kata Paoulus Hadi.

Di akhir sambutannya, Bupati 2 (dua) periode ini juga meminta guru-guru PPPK untuk bekerja maksimal agar mendukung visi misi Pemerintah Kabupaten Sanggau yakni mewujudkan “Sanggau Pintar” dengan melaksanakan secara maksimal peran sertanya dalam mendidik anak-anak di Kabupaten Sanggau.

Ia menambahkan bahwa seorang guru adalah seorang yang mengabdikan dirinya untuk mencerdaskan anak-anak bangsa bahkan setelah lulus anak-anak didik harus didorong terus agar mereka mau melanjutkan sekolah mereka. “Kalau ditugaskan di tempat yang jauh jangan mengeluh, jangan cepat-cepat minta pindah, kita harus peduli dengan anak-anak kita. Jangan bangga apabila mereka sudah lulus SD atau SMP. Saya harapkan kalian dorong terus anak-anak kita agar mereka mau menempuh pendidikan yang lebih tinggi” ujar Bupati Sanggau menutup sambutannya.

Hadir dalam kegiatan ini Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Sanggau, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau beserta jajarannya, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten Sanggau beserta jajarannya, para Rohaniawan dan para Tamu undangan dari OPD terkait.

(TP/ Juni 2022)