Dibawah Asuhan Kodim 1204 Sanggau, SMK PDN Cetak Lulusan Bermartabat

Dibawah Asuhan Kodim 1204 Sanggau, SMK PDN Cetak Lulusan Bermartabat


FOTO : Momen pengumuman kelulusan dan saat lulusan SMK PDN Sanggau mengikuti interview oleh pihak perusahaan (Ist)

SANGGAU – radarkalbar.com

LULUSAN SMK Plus Desa Nusantara (SMK PDN) Sanggau tak kalah bersaing dengan jebolan sekolah lainnya. Bahkan, lulusan SMK PDN ini siap pakai dan mampu berkarya usai menempuh ilmu selama 3 tahun pada sekolah tersebut. 

Buktinya, begitu dinyatakan lulus, selain diterima pada berbagai perguruan tinggi. Namun, banyak diantaranya langsung diterima pada beberapa perusahaan untuk bekerja.

Kepala SMK PDN Sanggau, Mahathir Muhammad mengatakan sekolah ini, pada Jumat (3/6/2022) telah mengumumkan kelulusan siswanya. Saat itu berlangsung di Makodim 1204 Sanggau.

Menurut Mahathir, hadir saat itu, bapak asuh SMK PDN, Dandim 1204 Sanggau Letkol Inf Bayu Yudha Permana, Kadis Kominfo Sanggau yang juga pembina, Joni Irwanto, pimpinan dan perwakilan perusahaan serta berbagai pihak lainnya.

“Kita baru saja mengumumkan kelulusan. Banyak pihak yang yang memberikan selamat dan motivasi. Alhamdulillah lulusan SMK PDN ini boleh dikatakan siap pakai lah. Baik yang akan melanjutkan pendidikan maupun yang memilih untuk bekerja,” ungkapnya, Senin (6/6/2022).

Dijelaskan, saat ini SMK PDN sudah melaksanakan memorandum of understanding (MoU) dengan berbagai perguruan tinggi, yang diantaranya sebagai binaan Untan dan Politeknik Pontianak bagi siswa yang akan melanjutkan ke perguran tinggi. Kemudian, pihaknya juga telah melaksanakan MoU dengan berbagai perusahan diantaranya PTPN XIII dan perusahaan perkebunan kelapa sawit lainnya.

“Jadi, untuk yang melanjutkan sekolah, kita ada MoU dengan berbagai perguruan tinggi. Nah, untuk perusahaan kita juga ada MoU. Kemudian ada juga perusahaan menawarkan khusus bagi lulusan SMK PDN untuk di Sanggau maupun luar wilayah kabupaten dan provinsi,” jelasnya.

Dibeberkan, untuk kesempatan kerja, salah satu yang melaksanakan interview adalah PT Finnatara Intiga. Kemudian disusul beberapa perusahan perkebunan dan peternakan.

” Saat ini tergantung siswa dan orang tuanya. Nah, kita sengaja mengundang orang tua para siswa, agar bisa mengambil keputusan kemana arah anaknya. Selanjutnya sebanyak 60 persen berkerja, 25 persen melanjutakan perguruan tinggi. Dan 15 persen berwirausaha atau melanjutakan usaha orang tua masing-masing, ” pungkasnya.

Berbagai perusahaan mitra mendatangi SMK PDN kata Mahathi, merupakan sebuah kepercayaan terhadap lulusan. Namun, tentunya tak terlepas dari asuhan langsung oleh Dandim 1204 Sanggau. Dimana mitra sangat terbantu oleh sikap, mental lulusan SMK PDN.

“Tentunya ini semuanya atas arahan, dorongan serta dukungan Dandim 1204 Sanggau selaku bapak asuh. Kemudian berbagai pihak lainnya,” cetus Mahathi.

Disamping itu kata Mahathi, selain itu, perusahan berharap bisa menjalin kelas industri dengan mengawinkan kurikulum pelajaran di sekolah dan dunia industri.

” Pkl yang dilaksanakan di SMK Pgn saat ini selama 6 bulan. Dan akan ditingkatkan memalui kurikulum merdeka. Hal ini tentunya bisa meningkat menjadi satu tahun atau lebih, sesuai MoU dengan perusahaan,” tegasnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pewarta : Sery Tayan

Editor     : Sery Tayan