Lomba Ngael di DAS Tayan Sukses Digelar, Panitia Haturkan Terima Kasih Kepada Semua Pihak

Lomba Ngael di DAS Tayan Sukses Digelar, Panitia Haturkan Terima Kasih Kepada Semua Pihak


FOTO : Momen pembagian hadiah kepada para pemenang (Ist)

TAYAN HILIR – radarkalbar.com

RATUSAN pemancing datang dari berbagai penjuru Bumi Khatulistiwa (julukan Kalimantan Barat) terlihat antusias turut “mengadu keberuntungan” dalam event lomba ngael (memancing, red) berlangsung di daerah aliran sungai (DAS) Tayan, Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau, Minggu (5/6/2022).

Adapun lokasi lomba ngael ini, di Dusun Tanjung Ranggam, Dusun Sungai Putat, Desa Pedalaman, Kecamatan Tayan Hilir. Sementara, kegiatan ini diikuti 480 para peserta datang dari Kabupaten Sambas, Mempawah, Sintang, Sanggau, Sekadau, Ketapang, Pontianak dan Kubu Raya serta Kapuas Hulu.

Event ini, digelar Komunitas Mata Kael Tayan, (Komakata) yang berhome base di Tanjung Ranggam. Momen ini memperingati lahirnya Pancasila Tahun 2022. Selain itu, event gratis ini merupakan “pemanasan” menjelang digelarnya event yang sama, namun lebih besar pada Oktober 2022 mendatang.

Lomba ngael ini dibuka Kepala Desa Pedalaman, Sunarto. Kemudian pelepasan peserta dilaksanakan Danramil 1204/07 Tayan, Kapten Inf Demianus Ruspana. Kemudian sesi penutupan sekaligus penyerahan hadiah serta trophy dilaksanakan Camat Tayan Hilir, Lovianus A.

Kepala Desa Pedalaman, Sunarto dalam sambutan singkatnya berterima kasih kepada Komakata yang telah berinisiatif menggelar lomba ngael tersebut. Sehingga memberikan efek baik bagi warga setempat.

“Selaku Pemerintah Desa saya mendukung kegiatan begini. Banyak efek baiknya bagi warga,” ucapnya.

Danramil 1204/07 Tayan, Kapten Inf Demianus Ruspana meminta peserta yang ikut lomba mematuhi aturan yang telah diumumkan panitia.

“Saya minta peserta mematuhi aturan yang telah ditetapkan panitia. Mari kita mulai memancing ini,” ujarnya.

Menariknya, Danramil 1204/07 Kapten Inf Demianus Ruspana didampingi beberapa personel nya turut serta memeriahkan memancing ini, dengan menggunakan speedboat 15 PK.

Lomba ngael ini diberikan waktu selama 4 jam. Dimulai pukul 08.00 WIB berakhir 12.00 WIB. Adapun cara perhitungan siapa yang juara, ditimbang dari berat ikan hasil pancingannya.

Camat Tayan Hilir, Lovianus A mengaku sangat mendukung kegiatan demikian. Dimana merupakan ajang silaturahmi antar sesama penghobby memancing yang datang dari berbagai wilayah di Kalimantan Barat. Selain itu, dengan adanya event demikian jelas akan memberikan dampak positif bagi warga setempat. Disamping itu, merupakan ajang promosi bagi Kecamatan Tayan Hilir ke wilayah luar.

“Kami sangat mendukung kegiatan seperti ini. Ide baik begini, kedepan harapannya dikemas lebih baik dan bagus lagi. Ini bisa dijadikan agenda tahunan. Nah, tentunya kegiatan yang didatangi orang banyak begini, memberikan dampak baik kepada masyarakat setempat,” cetusnya.

Koordinator panitia pelaksana, Heri S Sos mengatakan ada sebanyak 480 peserta yang mengikuti lomba ngael ini. Dan hingga berakhirnya waktu yang ditentukan panitia berjalan lancar dan aman.

Ia mengucapkan terima kasih kepada unsur forkompimcam Tayan Hilir, para sponsorship, masyarakat Dusun Sungai Putat serta sejumlah kalangan lainnya yang mendukung event itu, hingga sukses digelar.

Sementara, selama kegiatan ini berlangsung warga Kota Tayan terlihat antusias datang menonton dari tepi sungai para peserta yang sedang memancing tersebut.

Menariknya, kegiatan ini bukan hanya diikuti para lelaki saja. Namun, juga diikuti emak-emak serta anak-anak, yang datang dari luar Kabupaten Sanggau.

Pada sesi pembagian hadiah dan door prize kepada pemenang dilaksanakan oleh Camat Tayan Hilir, Lovianus A didampingi Danramil 1204/07 Tayan Hilir, Kapten Inf Demianus Ruspana, Kades Pedalaman Sunarto, Ketua BPD Pedalaman, Rudianto, perwakilan Polsek Tayan Hilir, Babinsa Pedalaman, Serda Rudiansyah, Bhabinkamtibmas Pedalaman, Briptu Y Pero serta sejumlah pihak lainnya.

Adapun nama-nama para pemenang masing-masing :

1. Juara I     :  Bendi dari Cupang Meliau (ikan Baung berat 1,05 Kilogram).

2. Juara II    :  Hengky dari Meliau (ikan Juara, berat 8,5 ons)

3. Juara III   :  Andrea dari Kepala Bentas (ikan Peang, berat 5,77 ons).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pewarta : Sery Tayan,

Editor      : Sery Tayan