Lomba Ngael Ikan di DAS Tayan Siap Gelar

Lomba Ngael Ikan di DAS Tayan Siap Gelar


FOTO : panitia pelaksana ngael ikan di DAS Tayan sedang melaksanakan berbagai persiapan (Ist)

TAYAN HILIR – radarkalbar. com

PENGGILA memancing diperkirakan akan “menyemut” di Daerah Aliran Sungai (DAS) Tayan, Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau, pada Minggu (5/6/2022).

Mahfum saja, hingga saat ini sudah 500 pemancing yang telah mendaftarkan diri, untuk mengikuti lomba ngael (memancing, red) ikan digelar Komunitas Mata Kael Tayan (Komakata).

Adapun yang sudah mendaftarkan diri, merupakan pemancing mania dari berbagai penjuru Kalimantan Barat.

Istimewanya, lomba memancing ikan di DAS Tayan rencananya akan dihadiri Wakil Bupati Sanggau Drs Yohanes Ontot M Si, Dandim 1204 Sanggau Letkol Inf Bayu Yudha Permana, unsur Forkompimcam Tayan Hilir serta berbagai pihak lainnya.

Koordinator pelaksana Heri S Sos mengatakan berbagai persiapan telah rampung dilaksanakan, tinggal menunggu hari pelaksanaan.

Menurut pria yang akrab disapa Aba Heri ini, lokasi memancing akan dikonsentrasikan pada wilayah Dusun Sungai Putat atau kawasan Tanjung Ranggam.

“Persiapan sudah finishing. Berdasarkan pendaftaran secara online dan manual, hingga saat ini sudah mendaftarkan diri sebanyak 512 orang. Kita berharap Pak Wakil Bupati bisa menghadiri dan membuka kegiatan ini. Kemudian Pak Dandim juga kita berharap bisa hadir dalam lomba memancing ini, ” ujarnya didampingi koordinator lapangan Serda Rudiansyah dan seksi perlengkapan Rudianto serta Suadi.

Menurut Aba Heri, lomba memancing kali ini merupakan “pemanasan” menjelang event yang sama dan lebih besar pada bulan Oktober 2022 mendatang. Rencananya akan berhadiah sepeda motor dan berbagai hadiah menarik lainnya.

Kemudian, untuk saat ini, dalam rangka memperingati lahirnya Pancasila 1 Juni 2022 dengan total hadiah sebesar Rp 2. 250.000 ditambah dengan sejumlah doorprize menarik lainnya.

“Ini event pemanasan lah bagi pemancing mania. Nah, akan kita kemas lebih besar event yang sama di bulan Oktober 2022 mendatang. Kita sudah menyiapkan hadiah utama sepeda motor, kemudian berbagai hadiah lainnya.,” jelas dia.

Dijelaskan, ada berbagai hal yang dapat dipetik dari lomba memancing ini, merupakan wahana untuk mengkampanyekan agar warga tetap menjaga DAS Tayan ini. Sehingga habitat dan biota dasar sungai tetap terjaga dan terlindungi.

Setiap peserta yang mengikuti lomba memancing ini tidak dipungut biaya. Namun, harus membawakan sampan sendiri atau bergabung dengan yang lainnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pewarta/editor : Sery Tayan