Putra putri Sanggau Kayong Utara terpilih sebagai Duta Genre Kalbar 2022



Pontianak (ANTARA) – Irzha Putra Suptya utusan Duta Generasi Remaja (Genre) Kabupaten Sanggau bersama Natasya Aulia  Safwanda utusan Genre Kabupaten Kayong Utara berhasil keluar sebagai juara 1 putra dan putri, dalam ajang pemilihan Duta Genre Kalimantan Barat tahun 2022 yang di ikuti 14 kabupaten/kota se- Kalbar.

“Sebelum malam final di Hotel Ibis ini, Rabu (1/5), kegiatan pemilihan Duta Genre Kalbar ini kami gelar, mulai dari tanggal 28 hingga 31 Mei. Dan, semua peserta kami kumpulkan di mess Diklat BKKBN Kalbar yang ada diareal kantor BKKBN untuk melakukan berbagai kegiatan dan dinilai oleh para juri. Usai mengikuti berbagai rangkaian kegiatan akhirnya terpilihlah dua Duta Genre putra putri dari Kabupaten Sanggau dan Kayong Utara,” kata Plt Kepala Perwakilan BKKBN Kalbar,  Muslimat di Pontianak, Kamis.

Di kata Muslimat, terlaksananya kegiatan pemilihan Duta Genre secara tatap muka sangat perlu disyukuri. Karena sebelumnya karena pandemi COVID-19 kegiatan seperti ini hanya dilakukan secara online.

“Dan ini juga karena kita semua sudah di vaksin COVID-19. Namun dalam kegiatan ini kami tetap waspada sehingga selama kegiatan ini kami selalu menerapka  protokol kesehatan,” ujarnya.

Terlepas dari itu ujarnya lagi, kegiatan pemilihan Duta Genre ini juga bwrtjjuan untuk meningkatka kualitas pemberian akses informasi, pendidikan. Dan, memberi konseling reproduksi serta perencanaan berkeluarga bagi sesama para remaja sebaya di pusat informasi remaja.

“Kami berharap, remaja terpilih menjadi Duta Genre Kalbar dapat menjadi perwakilan Kalbar pada pemilihan Duta Genre di tingkat nasional dan dapat meraih prestasi terbaik,” ujarnya.

Para remaja ini kata Muslimat lagi, juga diharapkan memjadi roll model para remaja Kalbar yang kreatif, inovatif dalam mempromosikan dan mensosialisasikan program ketahanan remaja.

“Tidak hanya itu, kami juga mengharapkan Duta Genre terpilih ini roll model dalam mengkampaye kan pencegahan stunting (kekerdilan) kepada para remaja sebayanya yang ada di Kalbar ini,” pungkas Muslimat.