Masyarakat terkena peluru hampa alami luka ruam kulit

Masyarakat terkena peluru hampa alami luka ruam kulit



Pontianak (ANTARA) – Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Kombes (Pol) Jansen A Panjaitan mengatakan masyarakat yang terkena tembakan peluru hampa oleh anggota bantuan kendali operasi (BKO) Brimob Polda Kalbar hanya mengalami luka ruam di kulit.

“Hingga saat ini situasi sudah aman terkendali dan warga atas nama Ji’i yang terkena tembakan peluru hampa juga sudah berangsur pulih,” kata Jansen A Panjaitan di Pontianak, Senin.

Di menjelaskan, masyarakat sekitar juga mendukung langkah penegakan hukum dari Polri yang tegas dan terukur.

Baca juga: Walhi Kalbar desak pihak terkait usut tuntas dugaan penembakan warga

Baca juga: Keributan di Perkebunan PT Arrtu PDBE Berawal Aksi Penangkapan DPO

Dia menambahkan penegakan hukum oleh anggota Brigadir Mobil, karena warga yang diduga mencuri kelapa sawit berusaha merebut senjata anggota Brimob tersebut.

“Bahkan terdapat salah satu anggota BKO Brimob Polda Kalbar yang terkena pukulan di bagian kepala sebelah kiri atas nama Briptu Sandy Biantoro untuk selanjutnya dilakukan visum,” katanya.

Sebelumnya sempat terjadi perselisihan antara warga dan anggota BKO Brimob Polda Kalbar pada Sabtu (28/5) di kawasan perkebunan sawit milik PT Arrtu Estet Kemuning Desa Kemuning Kabupaten Ketapang.

Dalam kejadian itu, anggota Brimob Polda Kalbar juga menangkap Suharjo yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) Polres Ketapang, sesuai nomor 23/IV.RES.1.8/2022/RESKRIM-IV dengan Laporan Polisi Nomor LP/B/162/IV/2021/ SPKT tanggal 19 April 2021. Suharjo diduga melakukan pelanggaran UU Perkebunan pasal 107 Jo pasal Pencurian.

Baca juga: Kabid Humas: Penegakan hukum karena warga berusaha merebut senjata anggota

Baca juga: Beredar video diduga perselisihan antara warga dan oknum aparat

Kabid Humas Polda Kalbar menambahkan, adapun kronologis kejadian perselisihan itu, yakni Sabtu (28/5) sekitar pukul 12.00 WIB, Personel Yankam PT Arrtu Estate Kemuning berjumlah 17 personel yang dipimpin Aipda Wawan Widianto bergerak menuju lahan (blok K/L 42.43) yang diklaim sepihak oleh Suharjo alias Ujang Halus yang merupakan DPO Polres Ketapang kasus 363 KUHP.

Saat tiba di lokasi pukul 12.30 WIB, sekitar 40 orang warga dipimpin Suharjo sedang melakukan aktivitas pemanenan tanda buah segar (TBS) di lahan tersebut, katanya.

“Anggota Brimob sudah memberikan imbauan agar jangan melakukan pemanenan TBS di wilayah perkebunan PT Arrtu dan mengimbau agar Suharjo menyerahkan diri. Namun tidak diindahkan, sehingga dilakukan penangkapan,” ungkapnya.

Pada saat dilakukan penangkapan dengan persuasif keluarga Suharjo tidak bisa menerima keadaan tersebut. Kemudian saat Suharjo akan dibawa, salah satu warga  warga Dusun Mambuk, Desa Segar Wangi, bernama Ji’i mengeluarkan parang dan mengejar Bripka Sahad Parlindungan Siahaan dan Bharatu Hadianto.

“Anggota Brimob sudah mengeluarkan tembakan peringatan sebanyak tiga kali, tetapi pelaku tidak mengindahkan hal itu, sehingga dilakukan tembakan dengan peluru hampa ke arah warga tersebut dan mengenai bagian punggung,” kata dia.