Categories: Antaranews

Dinkes Kubu Raya bagikan perlengkapan medis untuk 90 Pondok Pesantren



Pontianak (ANTARA) – Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, membagikan perlengkapan medis kepada 90 Pondok Pesantren yang ada di wilayah itu.

“Sebanyak 90 Pondok Pesantren yang ada di daerah kita sudah menerima bantuan Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren) Kit,” kata Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan di Sungai Raya, Senin.

Baca juga: Kubu Raya tingkatkan kualitas pelayanan pos kesehatan pesantren

Baca juga: Bupati bangga santri Ponpes Mambaul Khairat miliki skill ilmu agama – formal

Muda mengatakan, bantuan ini diberikan sebagai upaya pencegahan dan penguatan kualitas kesehatan para santri dan warga di sekitar Pondok Pesantren (Pon-Pes).

“Bantuan ini juga merupakan inisiatif Dinas Kesehatan untuk dijalankan secara mandiri dari dan oleh Pon-Pes demi menjaga kesehatan sebagai fondasi utama agar santri terjaga kualitas kesehatannya dan orang tua santri juga bisa merasa tenang dan bahagia,” tuturnya.

Dia menambahkan, pihaknya saat ini terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan pos kesehatan pesantren (Poskestren), antara lain dengan meningkatkan kapasitas pengelola pelayanan kesehatan di pesantren-pesantren di wilayahnya.

Baca juga: BI luncurkan 1001 QRIS di masjid dan pondok pesantren

Baca juga: Pondok Pesantren Darul Fikri Sungai Kakap sukses kembangkan anggur lokal

“Hari ini kita melakukan koordinasi peningkatan kapasitas Poskestren yang diikuti sebanyak 90 pondok pesantren yang tersebar di sembilan kecamatan,” kata Muda.

Dia menekankan pentingnya penguatan kapasitas sumber daya manusia serta kolaborasi dari semua pihak terkait dalam upaya mewujudkan masyarakat yang sehat di wilayah Kabupaten Kubu Raya.

“Semua organisasi perangkat daerah diharapkan bisa memahami bahwa ini kerja-kerja kepong bakol (gotong royong), karena sehat itu bisa didapatkan jika semuanya bisa memahami dan sekaligus serta memperkuat pencegahannya,” katanya.

Baca juga: Wabup Ketapang resmikan unit usaha pondok Pesantren Mambaul Khairat

Baca juga: Wakil Bupati Ketapang: Keberadaan pondok pesantren tingkatkan kualitas SDM

Bupati mengatakan bahwa pondok pesantren berperan penting dalam upaya untuk membangun budaya hidup bersih dan sehat dalam masyarakat.

Pos-pos pelayanan kesehatan yang ada di pesantren, ia melanjutkan, juga mendukung penyelenggaraan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

“Tentunya pondok pesantren secara inisiatif juga ikut melakukan upaya-upaya pencegahan penyakit melalui Poskestren,” katanya.




Bagikan

Berita Terbaru

  • Radar Kalbar

Tim Satresnarkoba Polres Kubu Raya Tangkap Kurir Lintas Kabupaten, 2 Orang dari Sanggau, Seorang dari Pontianak – Radar Kalbar

FOTO : ketiga tersangka yang ditangkap Tim Opsnal Satresnarkoba Polres Kubu Raya [ist]KUBU RAYA – radarkalbar.comTIM Satuan Reserse Narkoba Polres Kubu Raya berhasil menangkap kurir narkoba antar kabupaten pada Kamis (28/3/2024) sekitar pukul 04.00 WIB.Dua…

7 jam lalu
  • Diskominfo

PJ Bupati Sanggau Hadiri Operasi Pasar di Kecamatan Mukok

//DISKOMINFO – SANGGAU// SANGGAU – Penjabat (Pj) Bupati Sanggau Suherman, S.H., M.H  melaksanakan operasi pasar dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M di Halaman Kantor Kecamatan Mukok. Kamis (28/03/2024). Sebagai upaya Pemerintah…

12 jam lalu
  • Diskominfo

Pj Bupati Sanggau Menghadiri Operasi Pasar di Kecamatan Mokuk

SANGGAU – Penjabat (Pj) Bupati Sanggau Suherman, S.H., M.H  melaksanakan operasi pasar dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M di Halaman Kantor Kecamatan Mukok, Rabu (28/03/2024). Sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Sanggau melalui…

12 jam lalu
  • Radar Kalbar

Kejari Sanggau dan Tim Pidsus BPA Kejagung Sita Aset Terdakwa Tindak Pidana Perpajakan – Radar Kalbar

FOTO : Tim Kejari Sanggau dan Tim Pidsus BPA Kejagung saat mengeksekusi aset terdakwa JP pada beberapa lokasi (dok Kejari Sanggau)SANGGAU – radarkalbar.comKEJAKSAAN Negeri (Kejari) Sanggau melaksanakan eksekusi atas putusan Pengadilan Negeri (PN) Sanggau terhadap…

17 jam lalu