KPU Sambas  gelar bimtek dan pemutakhiran data pra pemilu

KPU Sambas gelar bimtek dan pemutakhiran data pra pemilu



Pontianak (ANTARA) – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sambas, Kalimantan Barat, Martono mengatakan pada momentum pra pemilu, lembaga tersebut kini tengah melakukan penguatan SDM melalui bimbingan teknis dan melakukan pemutakhiran data pemilih.

“Saat ini masih pra tahapan pemilu. Kami masih disibukkan dengan penguatan SDM melalui bimbingan teknis, rapat koordinasi baik yang dilakukan KPU provinsi maupun pusat,” ujarnya saat dihubungi di Sambas, Jumat.

Baca juga: KPU Sambas tetapkan Satono-Rofi pemenang Pilkada Sambas 2020

Baca juga: Hasil Pilkada Sambas belum ditetapkan KPU

Selain itu, ia menjelaskan bahwa setiap bulannya dari KPU Sambas melakukan pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan di tingkat kabupaten.

“Data hasil pemutakhiran terbaru, KPU Kabupaten Sambas telah mengeluarkan pengumuman periode April 2022. Itu sesuai dengan hasil rapat internal yang dihadiri oleh ketua, anggota, sekretaris dan kepala subbagian serta notulen pada Rabu, 27 April 2022,” jelas dia.

Ia menyebutkan dari hasil daftar pemilih hasil pemutakhiran data pemilih berkelanjutan periode April 2022, jumlah pemilih di Kabupaten Sambas sebanyak 429.558 Pemilih. Pada hasil sebelumnya ada 429.605 pemilih namun ada dari pendataan terbaru terdata 47 pemilih meninggal dunia.

Baca juga: Hasil pleno KPU Sambas Satono – Fahrur Rofi raih 85.830 suara

Baca juga: Pilkada Sambas, hasil rekap sementara KPU paslon Satono — Rofi unggul

“Dari 429.558 pemilih di Kabupaten Sambas tersebut tersebar di 19 kecamatan atau 193 desa dan 1.297 TPS. Pemilih terbanyak di Kecamatan Tebas sebanyak 53.363 pemilih. Sedangkan terendah di Kecamatan Sajingan Besar 7.682 pemilih,” katanya.

Ia mengajak masyarakat untuk terus mendukung semua proses baik baik pra dan saat tahapan Pemilu yang akan digelar pada 2024 mendatang.

“Dukungan semua pihak ini lah menjadikan setiap Pemilu di Kabupaten Sambas berjalan aman dan lancar. Tugas dan tanggungjawab bersama kita dalam menjadikan pesta demokrasi berjalan dan hasilnya sesuai harapan,” ucapnya.