Categories: Antaranews

Polres Bengkayang musnahkan narkoba hasil dari penindakan di perbatasan



Pontianak (ANTARA) – Satuan Reserse Narkoba Polres Bengkayang, Polda Kalimantan Barat kembali memusnahkan barang bukti tindak pidana penyalahan penggunaan narkoba hasil penindakan di daerah perbatasan Indonesia – Malaysia seberat 4,58 gram.

“Kami telah memusnahkan barang bukti hasil pengungkapan tindak pidana narkoba di Desa Sekida, Kecamatan Jagoi Babang. Jagoi Babang daerah berbatasan darat langsung dengan negara tetangga Malaysia,” ujar Kasat Resnarkoba Polres Bengkayang, Iptu Maju K. Siregar saat dihubungi di Bengkayang, Kamis.

Ia menjelaskan bahawa pemusnahan narkoba turut menghadirkan pihak dari kejaksaan, BNN Bengkayang, penasihat hukum, pelaku dan anggota Polres Bengkayang.

“Pemusnahan dilakukan setelah penyisihan barang bukti untuk pembuktian perkara untuk pengujian sampel barang bukti secara laboratorium di BPOM Pontianak,” kata Iptu Maju Siregar.

Ia mengungkapkan bahwa dalam kasus pengungkapan narkoba, pihaknya berhasil mengamankan pelaku pria berinisial P (47) dan barang bukti narkoba seberat 4,58 gram netto.

Ia menjelaskan bahwa pemusnahan narkoba tersebut dilakukan dengan cara dicampur dengan cairan pembersih lantai yang disaksikan oleh pelaku dan juga pihak terkait yang selanjutnya dibuang.

Sebelum dilakukan pemusnahan terlebih dahulu dilakukan pengetesan dengan menggunakan test kit terhadap barang bukti yang telah amankan.

“Hasil dari uji tes yang kami lakukan didapatkan hasil positif BB yang dibawa pelaku mengandung methaphetamin karena cairan di dalam test kit berubah warna menjadi ungu,” kata dia.

Terhadap kasus tersebut, hukuman yang bisa dikenakan terhadap pelaku yakni terancam dijerat dengan UU Tindak Pidana Narkoba Pasal 114 ayat (1), Pasal 112 ayat (1) UU RI No. 35 tahun 2009.

Baca juga: Polisi ungkap tiga kasus narkoba di Bengkayang dalam sehari

Baca juga: Polres Bengkayang Kalbar ungkap 19 kasus Narkoba periode Januari- Juni 2021

Baca juga: Polres Bengkayang tuntaskan 116 kasus sepanjang Tahun 2021




Bagikan

Berita Terbaru

  • Radar Kalbar

Terpanggil Jaga Marwah Partai, Yance Siap Berlaga di Pilkada Sanggau – Radar Kalbar

FOTO : Timotius Yance didampingi Ketua Harian Partai Golkar, Abdul Rahim S.H dan koordinator tim pemuda, Sulaiman saat mengambil formulir pendaftaran bakal calon Wakil Bupati di Sekretariat PDI Perjuangan Kabupaten Sanggau [Sery Tayan]SANGGAU – radarkalbar.comPOLITISI…

12 jam lalu
  • Diskominfo

Buka Muscab DPC ISKA Kabupaten Sanggau, Ini Pesan Pj. Bupati Sanggau

//DISKOMINFO-SANGGAU// SANGGAU – Penjabat (Pj) Bupati Sanggau, Suherman, S.H., M.H membuka secara resmi Musyawarah Cabang (Muscab) ke-3 DPC ISKA (Ikatan Sarjana Katolik) Kabupaten Sanggau Periode 2024-2028, bertempat di Aula DPRD Kabupaten Sanggau. Jumat (19/4/2024). “Harapannya…

12 jam lalu
  • Diskominfo

Buka MUSCAB DPC ISKA Kabupaten Sanggau, Ini Pesan Penjabat Bupati Sanggau

//DISKOMINFO-SGU// SANGGAU – Pejabat (Pj) Bupati Sanggau, Suherman, S.H., M.H membuka secara resmi Musyawarah Cabang ke-3 DPC ISKA Kabupaten Sanggau Periode 2024-2028 di Aula DPRD Kabupaten Sanggau, Jumat, (19/4/2024) “Harapannya adalah yang pertama agar pengurus…

12 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Gunung Semeru Meletus pada Hari Raya Lebaran Ketiga hingga Telan Korban Jiwa -17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan video berdurasi 4 menit 56 detik di platform YouTube yang mengeklaim bahwa pada hari raya Lebaran ketiga Gunung Semeru yang berlokasi di Provinsi Jawa Timur meletus hingga menelan korban jiwa.…

2 hari lalu