Kubu Raya tingkatkan kualitas pelayanan pos kesehatan pesantren

Kubu Raya tingkatkan kualitas pelayanan pos kesehatan pesantren



Pontianak (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya di Provinsi Kalimantan Barat berupaya meningkatkan kualitas pelayanan pos kesehatan pesantren (poskestren), antara lain dengan meningkatkan kapasitas pengelola pelayanan kesehatan di pesantren-pesantren di wilayahnya.

“Hari ini kita melakukan koordinasi peningkatan kapasitas poskestren yang diikuti sebanyak 90 pondok pesantren yang tersebar di sembilan kecamatan,” kata kata Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan di Sungai Raya, Rabu.

Baca juga: Kampung Baca Tanjung Saleh menggelar Kemah Literasi Digital

Baca juga: Bupati Muda ajak pelajar melestarikan budaya Nusantara

Dia menekankan pentingnya penguatan kapasitas sumber daya manusia serta kolaborasi dari semua pihak terkait dalam upaya mewujudkan masyarakat yang sehat di wilayah Kabupaten Kubu Raya.

“Semua organisasi perangkat daerah diharapkan bisa memahami bahwa ini kerja-kerja kepong bakol (gotong royong), karena sehat itu bisa didapatkan jika semuanya bisa memahami dan sekaligus serta memperkuat pencegahan,” katanya.

Bupati mengatakan bahwa pondok pesantren berperan penting dalam upaya untuk membangun budaya hidup bersih dan sehat dalam masyarakat.

Baca juga: Polres Kubu Raya: Kaca bus Damri pecah diduga akibat lemparan benda tumpul

Baca juga: Angka kekerdilan di Kubu Raya terus menurun

Pos-pos pelayanan kesehatan yang ada di pesantren, ia melanjutkan, juga mendukung penyelenggaraan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

“Tentunya pondok pesantren secara inisiatif juga ikut melakukan upaya-upaya pencegahan penyakit melalui poskestren,” katanya.

Baca juga: Himbasi gelar baksos di Panti Asuhan Baitul Hikmah Kubu Raya