Unit Satwa Direktorat Samapta Polda Kalbar gelar latihan peningkatan deteksi narkotika

Unit Satwa Direktorat Samapta Polda Kalbar gelar latihan peningkatan deteksi narkotika



Pontianak (ANTARA) – Personel Unit Satwa Direktorat Samapta Kepolisian Daerah Kalimantan Barat (Polda Kalbar) menggelar latihan peningkatan deteksi terhadap berbagai jenis narkotika di halaman Mako Unit K9, Jalan Ahmad Yani, Pontianak, Rabu.

Direktur Samapta Polda Kalbar, Kombes (Pol) Permadi Syahids Putra di Pontianak, Rabu, mengatakan hari ini personel Unit Satwa Ditsamapta Polda Kalbar melaksanakan kegiatan latihan peningkatan kemampuan Satwa K9, khususnya dalam mendeteksi berbagai jenis narkotika dalam mencegah barang haram itu masuk ke Kalbar.

Baca juga: Penyelundupan sabu di Lapas Singkawang berhasil digagalkan

Baca juga: Polisi terlibat narkoba selamat dari percobaan bunuh diri

“Manfaat dan kegunaan latihan ini sangatlah banyak, salah satunya adalah untuk melatih kepekaan satwa terhadap jenis-jenis narkotika yang sering beredar di wilayah hukum Polda Kalbar,” ungkapnya.

Dia menambahkan, kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melatih kemampuan satwa dalam mendeteksi bahan narkotika terutama saat melakukan tugas di lapangan.

Menurutnya, ke depan tantangan tugas yang semakin berat dan kegiatan rutin personel unit satwa dalam membantu tugas pokok kepolisian akan terus ditingkatkan.

Baca juga: Seorang oknum ASN Kapuas Hulu terlibat kasus narkoba

Baca juga: Bupati Kapuas Hulu imbau generasi muda jauhi narkoba

“Dengan latihan rutin yang digelar diharapkan satwa yang dimiliki Unit K9 Direktorat Samapta menjadi satwa yang profesional dalam rangka membantu tugas kepolisian dengan metode deteksi khususnya berbagai jenis narkotika,” ujarnya.

Kedepannya latihan ini dipersiapkan untuk mengantisipasi peredaran narkotika yang cukup tinggi di Wilayah hukum Polda Kalbar.

Apalagi wilayah hukum Polda Kalbar berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia, baik darat maupun laut yang rawan terhadap peredaran ataupun penyelundupan narkotika jaringan internasional.

Baca juga: Polisi temukan pengunjung tempat hiburan malam gunakan narkoba

Baca juga: Polres Singkawang amankan empat pengedar narkoba