Pemkab Kapuas Hulu gelar layanan kesehatan bergerak ke daerah terpencil

Pemkab Kapuas Hulu gelar layanan kesehatan bergerak ke daerah terpencil



Kapuas Hulu (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas Hulu Kalimantan Barat memberikan pelayanan kesehatan bergerak di daerah pedalaman dan terpencil di Dusun Bangik Desa Nanga Jemah Kecamatan Boyang Tanjung.

“Pelayanan kesehatan bergerak ke daerah terpencil itu sebagai wujud pelaksanaan amanat Undang-Undang Dasar 1945 pasal 28 ayat 1 Tentang kewajiban negara untuk memenuhi hak warganya dalam pelayanan kesehatan,” kata Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan, di Putussibau Kapuas Hulu, Rabu.

Baca juga: Seleksi tenaga kontrak tenaga kesehatan upaya mewujudkan Kapuas Hulu Hebat

Baca juga: Dinkes Kapuas Hulu buka layanan kesehatan pascabanjir Landau Rantau

Disampaikan Fransiskus, dalam pelayanan kesehatan bergerak itu Pemkab Kapuas Hulu membawa tiga orang dokter dan perawat.

Menurut dia, pelayanan kesehatan dilakukan seperti pengobatan gratis dan imunisasi anak pada Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN).

Dia juga mengatakan pelayanan kesehatan mesti benar-benar menyentuh masyarakat daerah pedalaman.

Oleh karenanya, Pemkab Kapuas Hulu melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu akan terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat.

Baca juga: Puluhan korban kebakaran Rumah Betang Sayut dapat layanan kesehatan

Baca juga: TNI datangi rumah warga perbatasan berikan layanan kesehatan

“Pelayanan kesehatan bergerak itu saat kunjungan kerja saya ke daerah terpencil di Kecamatan Boyan Tanjung, ada tiga dokter dan perawat saya bawa dan kita lakukan pengobatan gratis,” jelas Fransiskus.

Dia mengatakan pelayanan kesehatan bergerak ke sejumlah daerah terpencil dan pedalaman akan terus dilakukan untuk mewujudkan masyarakat yang sehat.

Selain itu, Fransiskus juga berpesan kepada masyarakat untuk terus menerapkan pola hidup sehat, dimulai dari lingkungan keluarga dan bermasyarakat.

“Kesehatan modal utama kita, jika tubuh sehat maka segala aktivitas kita lancar, tidak kalah penting lagi penerapan pola hidup sehat itu perlu kesadaran masyarakat,” katanya.**3**

Baca juga: Bupati minta puskesmas di Kapuas Hulu permudah pelayanan masyarakat

Baca juga: Pemda Kapuas Hulu Belajar Layanan Kesehatan ke Bantaeng