Categories: Diskominfo

Bupati Sanggau: SP4N-LAPOR Merupakan Platform Berskala Nasional Yang Berfungsi Menyalurkan Aduan Masyarakat


//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU – Bupati Sanggau, Paolus Hadi hadiri lokakarya yang digelar oleh USAID Sustainable Environmental Governance Across Regions (SEGAR) dan Pemerintah Kabupaten Sanggau dengan tema “Penguatan dan Pengembangan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) – Layanan Aspirasi dan Penganduan Online Rakyat (LAPOR!) untuk Perbaikan Tata Kelola Lingkungan Hidup, Hutan, dan Lahan”, di Hotel Garden Palace Sanggau, Rabu, (25/5/2022).

Secara umum, acara ini menjadi ajang diseminasi informasi mengenai (SP4N)- (LAPOR!), sebuah platform berskala nasional yang berfungsi menyalurkan aduan masyarakat. Selain menyampaikan hasil kajian dan rekomendasi tentang sistem pemantauan dan pengaduan di sektor hutan dan lahan di Kabupaten Sanggau, lokakarya ini mendorong diskusi untuk meningkatkan kinerja dalam menampung aduan masyarakat tentang masalah lingkungan.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Paolus Hadi menyampaikan apresiasinya terhadap dukungan USAID SEGAR dalam pengembangan sistem pemantauan dan pengaduan lingkungan yang terintegrasi.

“Pengelolaan pengaduan pelayanan publik melalui SP4N-LAPOR! sangat dibutuhkan, lewat platform ini kita membuka akses pengaduan seluas-luasnya dan berupaya memberikan jawaban dengan cepat, jelas, dan akurat sesuai SOP atau prosedur operasi standar yang berlaku,” kata Bupati Paolus Hadi.

“Hal ini dilakukan untuk menghargai masyarakat pelapor dan mendorong partisipasi dalam mewujudkan Sanggau yang lebih baik,” sambungnya.

Dia mengungkapkan, dari hasil evaluasi yang dia dapatkan laporan dari kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sanggau bahwa keaktifan saudara-saudara, khususnya para pengelola untuk menjawab dan merespon apa yang dilapor masyarakat Sanggau, sudah cukup baik.

“Dan itu harus dipertahankan, karena percuma orang melapor tapi tidak kita ikuti secara SOP yang sudah kita sepakati, kalau saya tidak salah tiga hari harus segera direspon, paling lama itu. Kalau perlu ketika dia lapor jawab langsung,” pungkas Paolus Hadi.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau, Kukuh Triyatmaka menyampaikan bahwa kegiatan workshop ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan atas kerjasama Pemerintah Kabupaten Sanggau, melalui Dinas Kominfo Kabupaten Sanggau dengan USAID SEGAR yang secara nasional merupakan tindaklanjut program kerjasama antara Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional / Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kemen-PPN/Bappenas).

“Kabupaten Sanggau, adalah salah satu dari 12 kabupaten dan 4 provinsi yang telah dilakukan studi tentang sistem pemantauan lingkungan dan pengelolaan pengaduan di bidang lingkungan hidup, hutan dan lahan. kerjasama ini sangat relevan dengan upaya kita untuk mengembangkan pengelolaan pengaduan pelayanan publik melalui SP4N-LAPOR di Kabupaten Sanggau, yang hingga saat ini masih kita rasakan terdapat beberapa kendala dalam operasionalnya,” jelas Sekda Kabupaten Sanggau, Kukuh Triyatmaka.

Penulis         : Alfian


Bagikan

Berita Terbaru

  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Gunung Semeru Meletus pada Hari Raya Lebaran Ketiga hingga Telan Korban Jiwa -17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan video berdurasi 4 menit 56 detik di platform YouTube yang mengeklaim bahwa pada hari raya Lebaran ketiga Gunung Semeru yang berlokasi di Provinsi Jawa Timur meletus hingga menelan korban jiwa.…

1 hari lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Sebuah Terowongan Bawah Laut Mengalami Kebocoran – 17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah video di media sosial TikTok yang memperlihatkan adanya kebocoran air yang cukup deras di sebuah dinding terowongan yang diduga adalah terowongan bawah laut. Dalam unggahan video tersebut juga terdengar suara teriakan…

1 hari lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Pengambilan Bansos THR dengan KTP di ATM – 17/04/2024

Penjelasan : Beredar unggahan di media sosial Twitter/X sebuah video memperlihatkan seseorang mengambil uang dari mesin anjungan tunai mandiri (ATM) menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dilengkapi narasi narasi yang mengeklaim bahwa pengambilan dana bantuan sosial…

1 hari lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Tentara Merah Cina Berdatangan Setiap Jam ke Indonesia Mulai 1 April 2024 – 17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan video di media sosial Facebook yang mengeklaim ratusan Tentara Merah Cina memasuki Indonesia setiap jam secara bertahap melalui suatu bandara. Unggahan video tersebut dilengkapi dengan narasi "1 April 2024 tentara-tentara…

1 hari lalu