Sanggau Siap Buka Diri untuk Investor – Kalimantan Today

Sanggau Siap Buka Diri untuk Investor – Kalimantan Today


Foto—Kukuh Triyatmaka

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Pemerintah Kabupaten Sanggau menyatakan siap membuka diri bagi investor yang ingin berinvestasi di kabupaten yang dikenal dengan sebutan Bumi Daranante ini.

Kesiapan tersebut disampaikan Sekda Kabupaten Sanggau, Kukuh Triyatmaka saat menghadiri peresmian Mal Pelayanan Publik Sanggau, Selasa (24/5/2022).

Kukuh mengharapkan diresmikannya MPP Kabupaten Sanggau akan mengundang banyak investor untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat yang sempat terpuruk karena pandemi Covid-19.

“Siap (menerima investor), harapan kita kalau investor itu dalam rangka pertumbuhan ekonomi seiring kondisi pandemi Covid-19 yang semakin membaik,” tutur Kukuh.

Ia mengungkapkan, secara mekanisme dan perijinan saat ini sudah sangat dipermudah. Bahkan, dengan keberadaan MPP investor bisa mengurus keperluannya di satu tempat saja, termasuk perijinan bagi pelaku UMKM dan IKM.

“Sebenarnya perijinan UMKM dan IKM disini, supaya legalitas mereka mudah, mereka dapat penyaluran modal dari perbankan sehingga sektor riil berjalan. Tapi dari dinas-dinas harus menyosialisasikan itu, maksud dan fungsi ijin itu untuk apa, supaya lebih mudah dalam penyaluran dana-dana bantuan UMKM dan IKM dari pemerintah yang ada di perbankan,” beber Kukuh.

Diungkapkan, tantangan pemasaran sekarang adalah mengemas daerah ini menjadi menarik agar investor tertarik berinvestasi di Kabupaten Sanggau. “Investasi yang banyak masuk ke kita itu, toko-toko ritel dari luar yang bangunannya sempat dilema dulu, tapi akhirnya ada Perda juga,” imbuhnya.

Kemudian, investor sektor hilir juga beberapa kali berniat berusaha di Kabupaten Sanggau. “Investasi hilirisasi seperti sektor perkebunan, ini sering masuk tapi belum kelar-kelar, belum ada kelanjutannya,” pungkas Sekda. (Ram)