Edi Kamtono komitmen beri pelayanan mudah untuk berinvestasi di kota khatulistiwa

Edi Kamtono komitmen beri pelayanan mudah untuk berinvestasi di kota khatulistiwa



Pontianak (ANTARA) – Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengatakan bahwa pihaknya terus berkomitmen memberikan pelayanan mudah dan cepat sehingga memudahkan semua pihak termasuk dalam berinvestasi di kota khatulistiwa tersebut.

“Pelayanan yang mudah dan cepat terus kami utamakan. Itu modal untuk memajukan daerah termasuk dunia usaha seperti berinvestasi,” ujar Edi Rusdi Kamtono di Pontianak, Senin.

Baca juga: Sutarmidji minta Pemkot Pontianak terus tingkatkan layanan publik

Baca juga: Wali Kota Pontianak minta Disdukcapil lakukan inovasi pelayanan publik

Wali Kota menjelaskan bahwa Kota Pontianak selain didukung oleh pelayanan dan mudah yang cepat juga didukung iklim investasi yang baik pula.

Menurutnya saat ini pertumbuhan ekonomi di Pontianak terus membaik, indeks kebahagiaan meningkat, kemiskinan menurun serta gini rasio turun dan hal itu dapat membuat iklim berusaha di sini nyaman.

“Jadi iklim usaha baik dan pelayanan oleh pemerintah cepat dan mudah maka investasi bisa berdatangan,” kata dia.

Baca juga: Dua layanan publik di lingkungan Pemkot Pontianak raih penghargaan dari Kementerian PAN-RB

Baca juga: Wali kota Pontianak terus upayakan inovasi untuk tingkatkan pelayanan publik

Ia menjelaskan bahwa Pemerintah Kota Pontianak tengah membangun Mal Pelayanan Publik (MPP) dengan konsep kearifan lokal budaya dan sejarah setempat yang berlokasi pinggir Sungai Kapuas atau tepatnya di lantai tiga, Gedung Kapuas Indah, Jalan Kapten Marsan, Kecamatan Pontianak Kota.

“Untuk konsep pembangunannya kita akan tetap mempertahankan kearifan lokal terutama bangunan yang sudah ada atau bangunan utamanya tidak berubah, jadi tidak berubah konsep awalnya cuma kami perbaiki dan rapikan,” katanya.

Menurutnya, dengan MPP maka dalam satu lokasi banyak hal yang bisa dilakukan masyarakat.

Baca juga: Pontianak tidak lama lagi miliki Mal Pelayanan Publik

Baca juga: Pontianak-Kubu Raya kerja sama terkait peningkatan layanan publik

MPP menyediakan 27 jenis pelayanan sehingga masyarakat yang membutuhkan pelayanan administrasi maupun perizinan cukup mendatangi Mal Pelayanan Publik itu, diantaranya layanan administrasi kependudukan, perizinan, perpanjangan SIM, termasuk urusan pernikahan yang difasilitasi Kantor Urusan Agama (KUA).

“Tidak perlu jauh-jauh ke banyak tempat, bisa sekaligus ke satu tempat ini. Nah, sembari mendapatkan pelayanan, bisa menikmati dengan belanja, ngopi dan santai ditemani pemandangan Sungai Kapuas,” kata Edi.