Categories: Antaranews

Bupati Sintang resmikan Kantor Capem Kopdit BIMA di Nanga Pari



Sintang (ANTARA) – Bupati Sintang, Jarot Winarno, meresmikan Gedung Kantor Cabang Pembantu (Capem) Nanga Pari Koperasi Kredit Bina Masyarakat (Kopdit Bima), Desa Nanga Pari, Kecamatan Sepauk, Jumat, 20 Mei 2022, yang di tandai dengan pengguntingan pita, pembukaan tirai plang dan penandatanganan prasasti.

Turut hadir Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian, Pembangunan & Keuangan, Selimin, Kadis PU Murjani, Anggota DPRD Kab. Sintang, Kusnadi, Disperindagkop & UKM, Dinas Pertanian & Perkebunan, Camat Sepauk, Pengurus CU BIMA, tokoh agama, tokoh masyarakat & anggota Kopdit BIMA Nanga Pari.

Ketua panitia peresmian, Sutisno menjelaskan, Capem Kopdit Bima Nanga Pari dulunya merupakan Kantor Unit Pelayanan (Upel) yang berdiri pada 10 Juni 2006. Kemudian pada tahun 2015 berubah menjadi Kantor Cabang Pembantu (Capem), di bawah Kantor Cabang Kopdit Bima Sepauk Hulu di Km 46.

Baca juga: Bupati Jarot minta PLN Kalbar aliri listrik 82 desa

Baca juga: Bupati Sintang – Sekda Sidak ke Kantor OPD pasca libur Idul Fitri

“Jadi Capem Nanga pari ini bagian dari kantor cabang yang ada di Sepauk hulu yang ada di km 46. Pada penyusunan RKA 2021 kita mengusulkan untuk memperbaiki capem nanga pari ini. Kita mengirimkan surat kepada pengurus pusat CU Bima, dan pada saat itu juga mendapat persetujuan dengan pagu anggaran 365juta”jelas Sutisno

“Lalu pada agustus 2021 dilakukan batu pertama pembangunan Capem Nanga Pari, dengan target pengerjaan selama 150 hari, pada Januari 2022 pembangunan sudah selesai, selama tiga bulan hingga April kemarin proses pemeliharaannya, dan hari ini dilakukan peresmian oleh pak bupati”tambahnya.

Untuk jumlah anggota Capem Nanga Pari saat ini, kata Sutisno berjumlah 800 orang. “Ke depan kami berharap kalau aset kita semakin tinggi dan anggota terus bertambah maka tidak menutup kemungkinan akan berubah menjadi kantor cabang mandiri, dan akan kita namakan Kantor Cabang Betuah”terang dia.

Bupati Sintang, Jarot Winarno, dalam sambutannya memberikan apresiasi atas telah diresmikannya kantor Capem Kopdit Bima Nanga Pari. Untuk itulah ia mengajak masyarakat setempat untuk menjadi anggota.

Baca juga: Koalisi Adil putuskan dua nama Calon Wakil Bupati Sintang

Baca juga: Bupati Sintang-Kajari tandatangani kesepakatan terkait bantuan hukum

“Saya Bupati Sintang, Jarot Winarno sudah menjadi anggota CU Bima, karena CU Bima mitra aman sejahtera. Yang belum jadi anggota daftar jadi anggota CU Bima”ajak Jarot.

Jarot meminta kepada pengurus Capem Nanga Pari tahun ini harus mencapai seribu orang. “Pertama-tama cu harus kuat dan bersatu supaya semakin besar. Kita lihat dulu unit pelayanan dan sekarang sudah menjadi capem, suatu saat bisa menjadi kantor cabang mandiri cu bima di nanga pari”harap Jarot.

Jarot juga menyampaikan bahwa saat ini tanah desa diprioritaskan untuk ketahanan pangan. Untuk itulah para anggota Capem Kopdit Bima Nanga Pari harus memanfaatkannya.
“Tanah sawit boleh, tapi jangan semua, budidaya tanaman lain seperti kopi, kakau, pinang dan tanaman lain yang produktif bisa menghasilkan nilai tambah ekonomi. Jangan hanya sawit saja”pesan Jarot.

Baca juga: Bupati Sintang minta layanan rumah sakit utamakan rasa kemanusiaan

Baca juga: Launching buku “Sintang Menulis”

Untuk di wilayah Sepauk hulu kata Jarot, Nanga Pari dan enam daerah lainnya, terkait hutan sudah diajukan sebagai hutan adat yang dikuasi oleh masyarakat adat.  “Maka jaga sungai, jaga hutan kita, semua tanaman produksi hutan yang bukan kayu bisa kita kembangkan, seperti rotan, damar dan tanaman lain di hutan kita kembangkan”kata Jarot.

“Saya ingin mengingatkan masyarakat, disini ada beroperasi tambang emas, yang tidak mau jangan serahkan. Karena tambang emas di kawasan hutan lindung, hanya boleh dibawah, hutanya tidak boleh di ganggu, jadi kita harus jaga hutan kita, tanah air kita, sungai kita, Nanga Pari, Temawang Bulai, Nanga Silit, sungai segak, rimba terakhir, hutan terakhir yang kita miliki, harus kita jaga semuanya”pesan Jarot.




Bagikan

Berita Terbaru

  • Radar Kalbar

Tim Satresnarkoba Polres Kubu Raya Tangkap Kurir Lintas Kabupaten, 2 Orang dari Sanggau, Seorang dari Pontianak – Radar Kalbar

FOTO : ketiga tersangka yang ditangkap Tim Opsnal Satresnarkoba Polres Kubu Raya [ist]KUBU RAYA – radarkalbar.comTIM Satuan Reserse Narkoba Polres Kubu Raya berhasil menangkap kurir narkoba antar kabupaten pada Kamis (28/3/2024) sekitar pukul 04.00 WIB.Dua…

12 jam lalu
  • Diskominfo

PJ Bupati Sanggau Hadiri Operasi Pasar di Kecamatan Mukok

//DISKOMINFO – SANGGAU// SANGGAU – Penjabat (Pj) Bupati Sanggau Suherman, S.H., M.H  melaksanakan operasi pasar dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M di Halaman Kantor Kecamatan Mukok. Kamis (28/03/2024). Sebagai upaya Pemerintah…

18 jam lalu
  • Diskominfo

Pj Bupati Sanggau Menghadiri Operasi Pasar di Kecamatan Mokuk

SANGGAU – Penjabat (Pj) Bupati Sanggau Suherman, S.H., M.H  melaksanakan operasi pasar dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M di Halaman Kantor Kecamatan Mukok, Rabu (28/03/2024). Sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Sanggau melalui…

18 jam lalu
  • Radar Kalbar

Kejari Sanggau dan Tim Pidsus BPA Kejagung Sita Aset Terdakwa Tindak Pidana Perpajakan – Radar Kalbar

FOTO : Tim Kejari Sanggau dan Tim Pidsus BPA Kejagung saat mengeksekusi aset terdakwa JP pada beberapa lokasi (dok Kejari Sanggau)SANGGAU – radarkalbar.comKEJAKSAAN Negeri (Kejari) Sanggau melaksanakan eksekusi atas putusan Pengadilan Negeri (PN) Sanggau terhadap…

23 jam lalu