58.689 anak Kapuas Hulu imunisasi pada pencanangan BIAN

58.689 anak Kapuas Hulu imunisasi pada pencanangan BIAN



Kapuas Hulu (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas Hulu, Kalimantan Barat siap menyukseskan pelaksanaan pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) dengan sasaran 28.589 anak tersebar di 23 kecamatan yang akan menerima imunisasi anak.

“Kami sangat mendukung program imunisasi anak, karena bertujuan untuk melindungi anak-anak kita dari sebaran berbagai penyakit,” kata Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan, di Putussibau, Kapuas Hulu, Sabtu.

Baca juga: 11.530 pos imunisasi disiapkan untuk sukseskan BIAN di Kalbar

Baca juga: Bupati Muda ajak warga sukseskan Bulan Imunisasi Anak Nasional

Disampaikan Fransiskus, selama pandemi COVID-19 pelaksanaan imunisasi rutin pada anak cukup terganggu, sehingga dengan adanya program Bulan Imunisasi Anak Nasional maka diharapkan target imunisasi untuk 58.689 anak di Kabupaten Kapuas Hulu dapat tercapai, dalam rangka pekan imunisasi dunia.

Menurut dia, untuk anak bisa tumbuh sehat tidak cukup dengan asupan gizi makanan semata, tetapi juga perlu adanya kekebalan tubuh pada anak, salah satunya dengan cara diberikan imunisasi.

Dia mengatakan, pemberian imunisasi pada anak sudah ada sejak dulu, tentu itu demi terwujudnya kesehatan pada anak, oleh karena itu perlunya dukugan dari para orang tua.

Baca juga: Saran dokter jangan tunda imunisasi anak

Baca juga: 117 juta anak kehilangan kesempatan imunisasi akibat COVID-19

Dijelaskan Fransiskus, BIAN adalah pemberian imunisasi tambahan campak -rubela serta melengkapi dosis imunisasi polio dan DPT-HB-Hib yang terlewat.

Pelaksanaan BIAN di Kabupaten Kapuas Hulu akan dimulai pada 18 Mei hingga 18 Juni 2022 di fasilitas pelayanan kesehatan seperti Puskesmas, rumah sakit dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya.

Baca juga: Imunisasi anak sekolah perbatasan dilaksanakan pada Agustus – Nopember

Baca juga: Persiapkan mental anak sebelum vaksin MR

Baca juga: Imunisasi Campak-Rubella Sasar 100 Anak Jalanan