Himbasi gelar baksos di Panti Asuhan Baitul Hikmah Pontianak

Himbasi gelar baksos di Panti Asuhan Baitul Hikmah Pontianak



Pontianak (ANTARA) – Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia (Himbasi) FKIP Universitas Tanjungpura menggelar Bakti Sosial (Baksos) di Panti Asuhan Baitul Hikmah, Pontianak, Kalimantan Barat.

“Kegiatan baksos ini diadakan dalam agenda Chairil Anwar dan HUT ke-35 Himbasi yang menjadi sebuah kegiatan sosial berwujud kepedulian atau rasa kemanusiaan terhadap sesama, terutama dalam hal pendidikan,” kata Ketua Panitia Chairil Anwar dan HUT ke-35 Himbasi, Ikhza Mahendra Putra di Pontianak, Sabtu.

Dia menjelaskan, Baksos merupakan agenda tahunan Himbasi dan pada tahun ini diadakan lebih meriah dari sebelumnya karena pada tahun lalu masih dalam masa pandemi COVID-19 sehingga hanya bisa dilakukan dengan penyerahan bantuan kepada pihak sekolah saja.

Menurutnya, Baksos tahun ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi kepada warga panti dengan menyerahkan bantuan dan barang-barang dari hasil donasi yang diterima dari masyarakat, lalu ada kegiatan penyuluhan pendidikan dan permainan rakyat khusus untuk anak-anak Panti Asuhan Baitul Hikmah.

“Tujuan terselenggaranya kegiatan bakti sosial ini adalah sebagai wujud syukur atas Hari Ulang Tahun Himbasi ke-35, menjalin silaturahmi antar sesama, serta memupuk jiwa kepekaan sosial masyarakat terutama Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia,” ujarnya.

Dia berharap dari kegiatan ini bisa membantu anak-anak Panti Asuhan dan memberikan semangat motivasi kepada mereka terutama dalam hal pendidikan. 

“Semoga kegiatan Baksos seperti ini bisa terus berjalan dan berkembang untuk terus membuka kesempatan dari harapan yang tertunda bagi banyak orang,” demikian Ikhza.

Sejalan dengan itu, Ketua Umum Himbasi periode 2021-2022, Rian Novianto mengatakan kegiatan Baksos itu sebagai ajang silaturahmi dengan masyarakat, dalam hal ini dapat menjalankan fungsi sosial mahasiswa, dan bentuk syukur Himbasi karena sudah berusia 35 tahun.

“Saya berharap dari kegiatan ini dapat menebar kebahagiaan dan semangat belajar dari anak-anak panti asuhan. Lalu untuk Himbasi, semoga di umur yang ke sekian dapat menjadi himpunan yang mampu mewadahi kebutuhan intelektual dan kreativitas anggotanya,” pungkas dia.