Poltesa jalin kerjasama dengan PHRI Kalbar perkuat kompetensi mahasiswa

Poltesa jalin kerjasama dengan PHRI Kalbar perkuat kompetensi mahasiswa



Pontianak (ANTARA) – Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menjalin kerja sama dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kalimantan Barat untuk mengembangkan potensi pariwisata daerah dan memperkuat kompetensi mahasiswa.

“Kami telah melakukan kemitraan dan menandatangani kerja sama dengan PHRI Kalbar. Dengan hal itu bisa memperkuat kompetensi mahasiswa kami melalui program praktik industri atau magang di hotel dan resor anggota PHRI,” ujar Direktur Poltesa, Yuliansyah, saat dihubungi di Sambas, Jumat.

Ia mengatakan kemitraan dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) salah satu dari program Merdeka Belajar yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek),

“Kerja sama dan kolaborasi perguruan tinggi vokasi dan DUDI yang dilakukan merupakan salah satu bentuk implementasi konsep Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar yang dicanangkan oleh Kemendikbudristek, dan ini merupakan salah satu konsentrasi kami, yaitu menjalin kerja sama dengan DUDI,” kata dia.

Ia juga mengapresiasi PHRI yang menjalin kerja sama dengan Poltesa,

“Undang-undang mengamanahkan bahwa perguruan tinggi perlu memberikan peluang bagi mahasiswa untuk belajar di dunia industri dan dunia kerja. Alhamdulillah, PHRI Kalbar menyambut dengan sangat baik dan menawarkan kemitraan yang strategis,” ucapnya.

Bersamaan dengan penandatangan kerja sama, Poltesa Sambas melepas 38 mahasiswa yang melaksanakan magang di hotel dan resor milik anggota PHRI Kalbar.

Dia juga berpesan kepada seluruh mahasiswa yang melaksanakan magang tersebut agar mengikuti aturan yang berlaku di tempat magang,

Mahasiswa yang melaksanakan magang pada kesempatan tersebut, adalah mahasiswa Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata (MBP) yang dilaksanakan di dua semester. Pada semester keenam adalah magang 1, dengan lokasi magang di industri perhotelan yang dilaksanakan selama 16 minggu.