Bupati Kapuas Hulu dorong prestasi bola voli melalui open turnamen

Bupati Kapuas Hulu dorong prestasi bola voli melalui open turnamen


Kapuas Hulu (ANTARA) – Bupati Kapuas Hulu Kalimantan Barat Fransiskus Diaan mendorong prestasi olahraga salah satunya bola voli melalui open turnamen yang dilaksanakan di wilayah Kapuas Hulu.

“Potensi prestasi dunia olahraga mesti terus kita dorong, karena olahraga kegiatan yang sangat positif untuk membentuk generasi yang berprestasi,” kata Fransiskus Diaan, di Putussibau Kapuas Hulu, Jumat.

Disampaikan Fransiskus, akhir-akhir ini kegiatan olahraga di Kapuas Hulu cukup menggeliat, sejumlah kecamatan melaksanakan berbagai macam pertandingan di bidang olahraga.

Dia mengaku sangat mendukung kegiatan olahraga di Kabupaten Kapuas Hulu, sehingga generasi muda dapat terhindar dari kegiatan negatif seperti narkoba dan pergaulan bebas.

“Dengan banyak berolahraga tubuh menjadi sehat dan anak-anak muda bisa terhindar dari kegiatan negatif di tengah masyarakat, jauhi narkoba karena itu merusak masa depan,” ucapnya.

Fransiskus yang juga Ketua Umum Pengurus Kabupaten Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (Pengkab PBVSI) Kapuas Hulu mengatakan beberapa pertandingan olahraga sempat vakum beberapa tahun terakhir seperti kejuaraan bola voli, salah satunya karena wabah COVID-19.

Dengan adanya kelonggaran di tengah pandemi, maka Pengkab PBVSI Kapuas Hulu menyelenggarakan Open Turnamen Bola Voli Kapuas Hulu.

Selain untuk memeriahkan peringatan Hut Kota Putussibau ke-127, open turnamen bola voli itu juga untuk menggali baka dan prestasi para atlet.

Dia berpesan agar seluruh lapisan masyarakat dan semua pihak mendukung pelaksanaan open turnamen yang dilaksanakan pada 19 hingga 29 Mei 2022.

“Suporter dan pemain jangan arogan, junjung tinggi sportifitas di lapangan, saya minta juga aparat keamanan membantu mengamankan agar situasi tetap kondusif,” pinta Fransiskus.
 

Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan membuka Open Turnamen Bola Voli Kapuas Hulu, di Gedung Voli Putussibau wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Kamis (19/5/2022). (ANTARA/HO-Prokopim Setda Kapuas Hulu)

Selain itu, karena masih suasana pandemi, Dia juga mengimbau agar para penonton tetap mematuhi protokol kesehatan.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kapuas Hulu Sadeq mengapresiasi dilaksanakannya Open Turnamen Bola Voli Kapuas Hulu. 

Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan ajang menggali bakat dan meningkatkan prestasi olahraga di Kapuas Hulu.

Disampaikan Sadeq, saat ini sejumlah pengurus cabang olahraga melaksanakan berbagai kejuaraan, menunjukkan bahwa antusias masyarakat dalam prestasi olahraga di Kapuas Hulu cukup meningkat.

Dalam kesempatan itu, Sadeq juga menyinggung terkait bagaimana kesiapan Kapuas Hulu menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Barat.

Sementara itu, Ketua Panitia Open Turnamen Bola Voli Kapuas Hulu Timotius menjelaskan open turnamen bola voli itu diikuti sebanyak 31 tim putra dan 20 tim putri.

Selama pelaksanaan kegiatan menerapkan protokol kesehatan, bahkan peserta open turnamen bola voli wajib minimal telah mengikuti vaksinasi tahap dua.

“Peserta kami wajibkan minimal sudah vaksin dua dan kami juga terapkan tiket gratis dengan tujuan untuk memudahkan kontrol penonton dengan peduli lindungi dan juga bukti surat keterangan sudah di vaksin,” ujarnya.

Kejuaraan bola voli yang dimulai pada 19 hingga 29 Mei 2022 itu juga memperebutkan hadiah untuk juara I putra sebesar Rp10 juta dan juara I putri sebesar Rp8 juta.

“Kami mengajak semua pihak tetap menjaga keamanan dan kondusifitas selama kejuaraan berlangsung,” pintanya.