Categories: Antaranews

Kubu Raya perkuat sistem cegah peluang korupsi hingga tingkat desa



Pontianak (ANTARA) – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) Yusran Anizam mengatakan, Pemkab Kubu Raya berusaha keras untuk mencegah terjadinya tindak pidana korupsi dengan memperkuat sistem hingga tingkat desa.

Baca juga: Sultan Pontianak bantah dipanggil KPK RI sebagai saksi

“Saya tentu sangat berharap tidak ada kasus korupsi yang terjadi di Kubu Raya dan ini bisa kita cegah bersama dengan menerapkan berbagai sistem yang memperkecil peluang tersebut,” kata Yusran usai menghadiri apel kebangkitan nasional Indonesia melawan korupsi di Sungai Raya, Kamis.

Baca juga: Kejati Kalbar terus kejar sembilan DPO kasus tipikor

Baca juga: Kabur dari Rutan Putussibau Dendi mengaku ingin bertemu keluarganya

Menurutnya, dengan penataan pengelolaan anggaran yang sudah dilakukan, baik pengelolaan anggaran di pemerintah daerah, pengelola pelayanan kepada masyarakat maupun proses pembangunan yang dilakukan pemkab Kubu Raya.

“Secara formal, pengelolaan keuangan pemkab Kubu Raya setiap tahunnya tentu kita diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Kalbar. Alhamdulillah, pada tahun ini untuk ke-8 kalinya, Pemkab Kubu Raya mendapatkan penilaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh BPK Kalbar,” tuturnya.

Baca juga: 2 jaksa korupsi PTPN XIII Sanggau dilaporkan ke Komisi Kejaksaan RI

Dirinya menuturkan, dengan meraih WTP delapan kali berturut-turut dari BPK, menunjukkan bagaimana komitmen di jajaran Pemkab Kubu Raya tetap mengedepankan semangat dalam mencegah dan memberantas segala bentuk tindak pidana korupsi yang imagenya selama ini di lingkungan pemerintahan sangat sering terjadi.

“Dengan semangat bersama, kita akan memprogramkan lagi proses-proses yang lebih menanjak terkait dengan pemberantasan korupsi. Tentu dalam prosesnya masih banyak kekurangan dan kelemahan yang ada, Insya Allah secara bertahap semangat kita akan untuk memperbaiki, mengatasi dan menghilangkan proses-proses yang merugikan kita semua”, kata Yusran.

Baca juga: Kabag Humas Setda Kapuas Hulu tersangka Tipikor Terminal Bunut Hilir

Dia juga menyampaikan, komitmen Pemkab Kubu Raya dalam mencegah dan memberantas korupsi ini juga dilakukan di jajaran pemerintah Desa.

Yang mana melalui kebijakan dan inovasi Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan dengan menerapkan Cash Management System (CMS) non tunai pada pengelolaan keuangan desa ini terbukti mampu mewujudkan tata kelola keuangan desa transparan dan akuntabel.

“Inovasi pak Bupati Muda Mahendrawan ini juga mendapatkan apresiasi sampai di tingkat nasional. Alhamdulillah, dengan CMS non tunai ini, tata kelola keuangan desa bisa lebih profesional sesuai dengan kaedah-kaedah dan semangat dalam pemberantasan korupsi,” kata Yusran.
 




Bagikan

Berita Terbaru

  • Radar Kalbar

Tim Satresnarkoba Polres Kubu Raya Tangkap Kurir Lintas Kabupaten, 2 Orang dari Sanggau, Seorang dari Pontianak – Radar Kalbar

FOTO : ketiga tersangka yang ditangkap Tim Opsnal Satresnarkoba Polres Kubu Raya [ist]KUBU RAYA – radarkalbar.comTIM Satuan Reserse Narkoba Polres Kubu Raya berhasil menangkap kurir narkoba antar kabupaten pada Kamis (28/3/2024) sekitar pukul 04.00 WIB.Dua…

15 jam lalu
  • Diskominfo

PJ Bupati Sanggau Hadiri Operasi Pasar di Kecamatan Mukok

//DISKOMINFO – SANGGAU// SANGGAU – Penjabat (Pj) Bupati Sanggau Suherman, S.H., M.H  melaksanakan operasi pasar dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M di Halaman Kantor Kecamatan Mukok. Kamis (28/03/2024). Sebagai upaya Pemerintah…

20 jam lalu
  • Diskominfo

Pj Bupati Sanggau Menghadiri Operasi Pasar di Kecamatan Mokuk

SANGGAU – Penjabat (Pj) Bupati Sanggau Suherman, S.H., M.H  melaksanakan operasi pasar dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M di Halaman Kantor Kecamatan Mukok, Rabu (28/03/2024). Sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Sanggau melalui…

20 jam lalu
  • Radar Kalbar

Kejari Sanggau dan Tim Pidsus BPA Kejagung Sita Aset Terdakwa Tindak Pidana Perpajakan – Radar Kalbar

FOTO : Tim Kejari Sanggau dan Tim Pidsus BPA Kejagung saat mengeksekusi aset terdakwa JP pada beberapa lokasi (dok Kejari Sanggau)SANGGAU – radarkalbar.comKEJAKSAAN Negeri (Kejari) Sanggau melaksanakan eksekusi atas putusan Pengadilan Negeri (PN) Sanggau terhadap…

1 hari lalu