Categories: Dinkes

BIAN 2022 di Sanggau Dimulai, Sasar 100.390 Anak – Dinas Kesehatan


dinkes.sanggau.go.id – Wakil Bupati (Wabup) Sanggau Yohanes Ontot melaunching kegiatan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tahun 2022 di SD Negeri 08 Sanggau, Rabu (18/5/2022). Dengan begitu, pelaksanaan kegiatan BIAN di Kabupaten Sanggau secara resmi dimulai.

Sebelum melakukan launching, di hari yang sama Wabup Ontot terlebih dahulu menghadiri pencanangan BIAN yang dibuka oleh Gubernur Kalbar Sutarmidji secara virtual. “Hari ini saya melaunching kegiatan Bulan Imunisasi Anak Nasional di Sanggau. Tadi sebelumnya kita daring bersama Pak Gubernur Kalbar untuk beliau melihat kesiapan kabupaten/kota di Kalbar,” kata Ontot.

Wabup Sanggau dua periode ini menyebut, saat daring bersama Gubernur Sutarmidji pihaknya telah melaporkan bahwa Sanggau siap. “Baik vaksin MR-nya, petugasnya, jumlah posnya, jumlah sasarannya juga sudah siap. Jadi tidak ada masalah lagi,” ujar Ontot.

Imunisasi ini, dia bilang, sangat bermanfaat bagi anak usia 9 bulan hingga di bawah 12 tahun untuk menciptakan kekebalan bagi anak-anak. Karena itu ia berharap agar para orangtua dan semua sekolah mengimbau anak-anaknya yang berusia 9 bulan hingga di bawah 12 tahun mengikuti imunisasi. “Jumlah target sasaran untuk anak sekolah ada sekitar 100.390 orang. Lalu vaksin kita ada 125.490 dosis,” ungkap Ontot.

Strategi pelaksanaan imunisasi ini, menurut Wabup, sama seperti pelaksanaan vaksinasi Covid-19. “Memang wilayah Kabupaten Sanggau cukup luas, tetapi dengan kebersamaan mulai dari forkompimda, forkompincam, desa hingga Dusun, bisa dilaksanakan seperti pelaksanaan vaksin Covid-19,” imbuh Ontot.

Wabup yakin dalam waktu sebulan pelaksanaan imunisasi bisa selesai tepat waktu sesuai dengan target yang telah ditetapkan. “Saya yakin, karena petugas vaksinasi sudah pengalaman untuk mengejar sasaran 100.390 anak,” ucap Ontot.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau Ginting menjelaskan, imunisasi ini merupakan imunisasi tambahan dari imunisasi dasar lengkap. Tujuannya untuk mencegah terjadinya kejadian luar biasa akibat penyakit-penyakit yang dapat dicegah imunisasi.

Kemudian, dia menerangkan, untuk mempercepat eliminasi campak. “Kita harapkan akan segera bebas campak. Melalui imunisasi ini kita percepat eliminasi campak. Selanjutnya imunisasi ini untuk menurunkan angka kesakitan, menurunkan angka kecacatan dan menurunkan angka kematian terutama bagi anak-anak,” kata Ginting.

Kegiatan BIAN di Kabupaten Sanggau, dia menyebut, menyasar 100.390 anak. Dengan total pos vaksinasi sebanyak 1.462, terdiri dari sekolah 723 pos, Posyandu 698 pos dan 41 pos lainya. “Untuk jumlah vaksinnya sekarang sudah mencukupi, ada 125.490 dosis yang tersedia, berikut alat pendukungnya. Semuanya sudah cukup,” ucap Ginting.

Untuk menyukseskan kegiatan ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau menyiapkan 572 petugas imunisasi, ditambah dengan kader yang membantu sebanyak 1.837 orang. “Dan juga nanti ada supervisor sebanyak 69 orang, yang akan mengawasi, memantau, monitoring proses BIAN,” kata Ginting.

Dia berharap, sebelum tanggal 18 Juni 2022, Kabupaten Sanggau sudah selesai melaksanakan imunisasi. Terlebih imunisasi anak sekolah tidak sesulit vaksinasi Covid-19. Petugasnya tidak sebanyak seperti vaksiansi Covid-19, dua atau tiga orang cukup untuk satu pos.

“Kalau vaksin Covid-19 ada meja satu sampai empat. Begitu juga sasarannya, Mencari sasaran sudah tersedia. Tinggal kerja sama dengan sekolah-sekolah, begitu juga jenis vaksinnya sudah tersedia,” pungkas Ginting. (jul)


Bagikan

Berita Terbaru

  • Radar Kalbar

Kejari Sanggau dan Tim Pidsus BPA Kejagung Sita Aset Terdakwa Tindak Pidana Perpajakan – Radar Kalbar

FOTO : Tim Kejari Sanggau dan Tim Pidsus BPA Kejagung saat mengeksekusi aset terdakwa JP pada beberapa lokasi (dok Kejari Sanggau)SANGGAU – radarkalbar.comKEJAKSAAN Negeri (Kejari) Sanggau melaksanakan eksekusi atas putusan Pengadilan Negeri (PN) Sanggau terhadap…

4 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Direktur Utama PDAM Lombok Tengah, Bambang Supratomo – 26/03/2024

Penjelasan : Beredar akun WhatsApp yang mengatasnamakan Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Ardhia Rinjani (Tiara) Lombok Tengah, Bambang Supratomo. Akun tersebut mengirimi pesan menawarkan untuk mengikuti program acara bonus-bonusan kendaraan mobil…

8 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] CNN: Mahkamah Konstitusi Tolak Gugatan Soal Pernikahan Beda Dimensi – 26/03/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan video di sosial media TikTok yang menunjukkan tangkapan layar berita CNN Indonesia yang memberitakan bahwa Mahkamah Konstitusi (MK) tolak gugatan soal pernikahan beda dimensi. Terlihat dalam tangkapan layar tersebut Anwar…

8 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] NASA Berencana Semprotkan Partikel Es ke Atmosfer untuk Kurangi Dampak Perubahan Iklim – 26/03/2024

Penjelasan : Beredar unggahan di media sosial Facebook yang mengeklaim bahwa The National Aeronautics and Space Administration (NASA) atau yang dikenal sebagai Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat akan menyemprotkan 2 ton partikel es di…

8 jam lalu