Masyarakat Sukadana keluhkan penerangan jalan umum minim

Masyarakat Sukadana keluhkan penerangan jalan umum minim



Pontianak (ANTARA) – Masyarakat Dusun Payak Itam, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat mengeluhkan jalan lingkungan di daerah mereka tidak ada penerangan jalan umum (PJU) sehingga sering terjadi kecelakaan di ruas jalan tersebut.

“Kalau sudah malam kondisi jalan gelap, sementara kendaraan roda dua dan empat yang lewat jalan itu banyak dalam kecepatan tinggi. Apalagi di sini padat penduduk,” kata Abdul Weni salah seorang tokoh masyarakat Dusun Payak Itam di Sukadana, Minggu.

Dia mengaku semenjak jalan tersebut selesai diperbaiki tahun 2021 banyak kendaraan yang melintasi jalan yang memiliki panjang kurang lebih 1,5 kilometer tersebut.

Selain itu juga menurutnya anak-anak banyak berkeliaran di sekitar jalan terutama usai pulang mengaji dan sekolah, terutama siswa dan siswi Sekolah Dasar Negeri (SDN) di lingkungan tersebut.

“Kalau anak pulang mengaji biasanya malam, kalau anak sekolah itu biasanya pagi dan siang juga sangat berbahaya, kemarin sempat beberapa ada kecelakaan di jalan disini,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Sutera, Ripai berharap agar pemerintah daerah memberikan solusi dengan menyediakan PJU di wilayah yang terletak di Dusun Payak Itam tersebut.

“Alhamdulillah di sana sudah diperbaiki jalannya oleh pemerintah, namun ada persoalan baru, karena setelah jalannya bagus banyak kendaraan yang lewat sehingga sangat membahayakan lingkungan yang padat penduduk tersebut terutama pada malam hari,” katanya.

Dia menambahkan, semoga apa yang dikeluhkan oleh masyarakat tersebut, bisa direspon oleh Pemkab Kayong Utara melalui instansi terkait.