Karolin sosialisasikan pencegahan stunting di desa

Karolin sosialisasikan pencegahan stunting di desa



Pontianak, (ANTARA) – Bupati Landak, Provinsi Kalimantan Barat, Karolin Margret Natasa melakukan sosialisasi pencegahan stunting di Desa Lingkonong Kecamatan Sompak.

“Kami sosialisasi di Desa Lingkonong karena angka stuntingnya berada pada posisi 35,4 persen. Kami minta orang tua dapat berperan menurunkan angka tersebut. Bapak-bapak juga harus berperan dalam mengasuh anaknya, jangan sampai ibu-ibunya saja yang mengurus anaknya, karena kedua orang tua harus mengetahui asupan makanan yang diberikan untuk anak,” kata Karolin di Sompak, Jumat.

Dia menjelaskan bahwa tujuan melakukan sosialisasi stunting sebagai salah satu bentuk perjuangan agar generasi muda bisa menjadi lebih sehat dan mampu bersaing di masa depan.

“Ini kita lakukan untuk masa depan generasi kita yang sehat, kuat, cerdas serta mampu bersaing di masa depan. Makanya tumbuh kembang anak-anak kita harus dikontrol sejak dini,” tuturnya.

Untuk itu, dia meminta kepada para kader PKK kecamatan dan desa aktif kembali melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Karolin juga meminta asupan makanan untuk ibu hamil, ibu habis melahirkan, dan ibu menyusui harus mendapatkan asupan gizi dan nutrisi yang cukup dan berimbang, agar anak-anak mereka juga mendapat asupan gizi dan nutrisi yang benar.

“Selain makanan yang beragam dan berimbang, anak-anak kita juga wajib dikontrol tumbuhkembangnya dengan selalu melakukan pengecekan di posyandu. Untuk itu, kader posyandu harus aktif mengajak ibu-ibu untuk menimbang bayi dan balitanya,” katanya.