Categories: Antaranews

BPS Kubu Raya kerahkan 197 petugas sensus di sembilan kecamatan



Pontianak, (ANTARA) – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, menerjunkan sebanyak 197 petugas sensus penduduk lanjutan untuk mendata 9.332 sampel rumah tangga atau 587 blok sensus yang tersebar di 9 kecamatan.

“Sensus Penduduk (SP) 2020 ini merupakan lanjutan yang dilakukan pada tahun 2020, yang mana SP tahun 2020 itu untuk mendapatkan data jumlah penduduk secara keseluruhan baik jenis kelamin maupun parameter,” kata Kepala BPS Kabupaten Kubu Raya Suwandi di Sungai Raya, Jumat.

Dia menjelaskan, adanya pandemi COVID-19 membuat sensus penduduk ditangguhkan sementara dan pada tahun ini baru bisa dilakukan pelatihan serentak di seluruh Indonesia yang diberi nama “Long Form” 2020 lanjutan.

“Kami dari BPS Kubu Raya telah merekrut sebanyak 197 petugas yang akan diterjunkan dan bekerja selama 45 hari dimulai tanggal 15 Mei sampai 30 Juni 2022,” tuturnya.

Suwandi mengatakan, sebanyak 197 petugas sensus penduduk 2020 lanjutan ini terdiri atas koordinator sensus kecamatan (koseka), koordinator tim (kortim), dan petugas pendata lapangan (PPL), bertugas pada tanggal 15 sampai 30 Mei 2022 untuk melakukan pemutakhiran listing.

“Nantinya, para petugas ini akan diberikan data prelist (data terpadu penanganan fakir miskin dan orang tidak mampu) yang sudah terdaftar namanya dalam satu blok sensus yang akan didatangi oleh masing-masing petugas sensus,” katanya.

Kemudian pada tanggal 1 Juni sampai 30 Juni 2022 para petugas sensus akan melakukan pendataan.

“Mengingat pandemi COVID-19 belum berakhir, maka kami mengharapkan kepada semua petugas sensus untuk tetap menerapkan protokol kesehatan,” kata Suwandi.

Dirinya mengharapkan, dengan dilakukannya sensus penduduk 2020 lanjutan ini, parameter demografi yang ada di dalam “soft form” yang belum didapatkan, maka di dalam kegiatan lanjutan ini bisa didapatkan. Ada beberapa variabel yang akan disurvei BPS, yaitu karakteristik penduduk, migrasi, pendidikan dan komunikasi, disabilitas, ketenagakerjaan, kematian (mortalitas), kelahiran (fertilitas), dan perumahan.

“Survei ini dilakukan untuk memperkirakan jumlah, distribusi, dan komposisi penduduk; memperoleh data untuk penghitungan parameter demografi (kelahiran, kematian, dan migrasi) dan sumber data dari indikator angka kematian ibu,” kata dia.

Kemudian, lanjut dia, memperbarui data yang akan digunakan dalam penghitungan proyeksi penduduk, menyediakan data karakteristik penduduk dan perumahan, dan sumber data dari indikator kependudukan untuk Sustainable Development Goals (SDGs) yang tidak dapat diperoleh dari sumber lain.
 




Bagikan

Berita Terbaru

  • Laporan Hoax

[HOAKS] Surat Undangan Tahapan Seleksi Calon Karyawan BPJS Kesehatan 22-23 April 2024 – 22/04/2024

Penjelasan : Beredar kembali surat undangan tahapan seleksi calon karyawan mengatasnamakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Dalam surat tersebut calon karyawan diminta untuk hadir ke Jl. Letjend Suprapto Cempaka Putih, Kota Jakarta Pusat pada…

4 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Penawaran Tebus Murah iPhone Mengatasnamakan Puskesmas Kuta Utara – 22/04/2024

Penjelasan : Beredar unggahan informasi di media sosial Instagram resmi milik Puskesmas Kuta Utara terkait penawaran tebus murah ponsel dengan merek iPhone 14 Pro Max 256GB. Dalam unggahan tersebut disebutkan bahwa ponsel tersebut berwarna deep…

4 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Pengajuan Pinjaman Online BNI Melalui TikTok – 22/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah akun yang mengatasnamakan Bank BNI dengan nama akun @pinjaman.bankbni pada platform TikTok. Pada akun tersebut terdapat narasi yang menyebutkan "silahkan hubungi 083867617878".   Dikutip dari situs turnbackhoax.id, akun tersebut bukanlah akun…

4 jam lalu
  • Laporan Hoax

[Hoaks] Tiga Orang Anak Berusia Sepuluh Tahun Lolos dari Penculikan di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara – 22/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah pesan berantai WhatsApp yang mengeklaim bahwa terdapat tiga orang anak berusia sepuluh tahun berhasil lolos dari penculikan di Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara. Faktanya, klaim yang beredar tersebut adalah tidak benar.…

4 jam lalu