35 ribu masyarakat Kota Singkawang siap laksanakan SICITA

35 ribu masyarakat Kota Singkawang siap laksanakan SICITA



Pontianak (ANTARA) – Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie mengatakan pihaknya melaksanakan Senam Indonesia Cinta Tanah Air (SICITA) secara massal bagi 35 ribu orang pada 20 Mei 2022 dalam rangka menyambut Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) dan memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2022.

“Kegiatan ini rencananya akan dipusatkan di areal Station Kridasana dengan estimasi peserta senam sebanyak 35 ribu orang. Diestimasikan untuk yang mengikuti senam berjumlah 27.307 orang. Nanti yang ikut ada diantaranya para murid SD hingga perguruan tinggi, ASN Kecamatan dan Kelurahan, Puskesmas, dan sebagainya,” kata Tjhai Chui Mie di Singkawang, Jumat.

Untuk yang lokasinya jauh dari tempat yang diagendakan, mereka akan melaksanakan di tempat masing-masing. “Jadi, kita harapkan bisa mencapai kira-kira 35.000 peserta yang turut berpartisipasi pada kegiatan SICITA ini,” tuturnya.

Tjhai Chui Mie belum dapat memberikan kepastian kegiatan SICITA ini kedepannya apakah akan menjadi agenda tahunan dalam memperingati Hari Kebangkitan Nasional.

Namun, ia tidak memungkiri adanya kemungkinan bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan setiap tahunnya dengan melihat antusiasme dari masyarakat yang turut berpartisipasi.

“Bisa saja kegiatan seperti ini menjadi agenda tahunan, khususnya di dinas pendidikan yang merupakan penggagas dimana diharapkan kegiatan ini bisa memberikan suatu dorongan semangat dan motivasi bagi anak didik. Supaya mereka lebih antusias dalam mencintai Tanah Air melalui pelaksanaan senam massal ini karena sebelum pandemi ada kegiatan senam pagi yang diikuti seluruh anak di sekolah,” katanya.

Demi mendukung kelangsungan acara, dia mengungkapkan nantinya para peserta diimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan selama kegiatan berlangsung. Selain itu, petugas keamanan dan kesehatan juga dikerahkan sebagai langkah antisipasi.

“Sejauh ini memang tidak ada lagi informasi tentang lonjakan kasus penyebaran COVID-19 dan catatan kasus mengenai hepatitis akut juga belum ada di Kota Singkawang, tetapi kita jangan sampai lengah dan tetap terapkan protokol kesehatan,” tuturnya.

Untuk itu, pihaknya akan persiapkan segala bentuk keamanan seperti petugas keamanan, posko kesehatan dan lainnya di beberapa tempat supaya peserta senam bisa tenang dan nyaman melangsungkan acara ini.