Categories: Antaranews

Pemprov Kalbar dorong pembentukan TPAKD



Pontianak (ANTARA) – Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat Drs Junaidi, mengimbau kepada delapan kabupaten/kota yang ada di Kalbar untuk segera membentuk Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD).

“Hingga saat ini, ada delapan kabupaten/kota di Kalbar yang belum membentuk TPAKD, yaitu Kabupaten Mempawah, Sambas, Landak, Melawi, Sintang, Ketapang, Kayong Utara, serta Kota Singkawang,” kata Junaidi di Pontianak, Rabu.

Sedangkan bagi TPAKD kabupaten/kota yang telah terbentuk, lanjutnya, diharapkan untuk segera mengevaluasi dan memperluas program dan/atau membuat program-program inovatif dan implementatif.

Menurutnya, evaluasi itu penting untuk mendorong penyediaan akses keuangan dalam produk keuangan seperti kredit, tabungan, penjaminan, subsidi bunga dan investasi mudah, murah serta aman.

“Evaluasi ini juga penting untuk mendorong pelaksanaan transaksi non-tunai dan kerja sama antar BUMD, antara BUMD dan badan usaha lainnya, Pemda dan lembaga lain di daerah, mendorong sinergitas pelaku usaha, masyarakat dan pemangku kebijakan dalam optimalisasi perekonomian di daerah,” tuturnya.

Junaidi menambahkan, saat ini Pemda terus berupaya mendorong pemerintah pusat dalam rangka mengimplementasikan Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI) dengan menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Dalam Negeri (SE Mendagri) Nomor 900/7105/SJ Tentang Pembentukan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Tanggal 15 Desember 2021 kepada Bupati/Wali Kota agar segera membentuk TPAKD paling lambat 1 tahun sejak penetapan SE tersebut.

“Saya mengapresiasi tujuan penyelenggaraan kegiatan yang menyasar pada pemahaman, upaya, serta peran pemuda mahasiswa dalam pemberdayaan inklusi keuangan dan pemanfaatan peluang akses ke lembaga keuangan formal ini,” katanya.

Dia juga menyampaikan rasa terima kasih atas tanggapan responsif Dewan Nasional Keuangan Inklusif Kemenko Bidang Perekonomian yang segera membuka ruang koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan program SNKI bagi pemuda mahasiswa, salah satunya perguruan tinggi di Kalimantan Barat.




Bagikan

Berita Terbaru

  • Laporan Hoax

[HOAKS] Informasi Layanan Cicilan Logam Mulia Mengatasnamakan Bank Indonesia – 30/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah poster berisi informasi kegiatan Bank Indonesia berupa pameran yang melayani cicilan pembelian Logam Mulia (LM) untuk masyarakat. Gambar pada poster tersebut juga terlihat mencantumkan sejumlah logo bank lain. Melalui akun instagram…

7 menit lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Pegawai Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan – 30/04/2024

Penjelasan : Beredar akun WhatsApp yang mengatasnamakan pegawai Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan. Akun  tersebut  menggunakan  nomor +6282336049697. Faktanya, akun WhatsApp yang beredar tersebut tidak benar dan merupakan modus penipuan. Dilansir dari media sosial resmi…

11 menit lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Mahkamah Konstitusi Putuskan Pasangan Calon Nomor Urut 01 dan 03 Tidak Bisa Mencalonkan Presiden dan Wakil Presiden Selamanya – 30/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan di media sosial Tiktok yang menginformasikan pembacaan hasil sidang Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai gugatan pasangan calon (paslon) calon presiden (capres) - calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 01 dan 03…

13 menit lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Pj. Bupati Ogan Komering Ilir Asmar Wijaya Membagikan Donasi – 30/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah akun WhatsApp dengan nomor 083846736734 mengatasnamakan Penjabat (Pj.) Bupati Ogan Komering Ilir Asmar Wijaya. Akun WhatsApp tersebut memasang foto Asmar Wijaya memakai pakaian dinas dan membagikan donasi dari pemerintah kabupaten (pemkab).…

15 menit lalu